SAPU TANGAN FANG YIN – KISAH TRAGEDI MEI 1998

Sapu Tangan Fang Yin - PenulisHidupku.Com - 1


Video ini adalah kisah fiktif yang terinspirasi dari tragedi Mei 1998. Sebagai seorang WNI etnis Tionghoa, kejadian Mei 1998 sangat membekas dalam diri saya dan banyak orang lainnya. Saya berdoa agar kejadian seperti itu tidak lagi terulang di bumi Indonesia tercinta. Tuhan memulihkan dan memberkati Indonesia.


Terima kasih kepada uploader dan YouTube atas videonya.

Untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran atas tulisan ini silahkan klik DI SINI.

Jika saudara diberkati dengan tulisan ini, mohon dibantu untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara mengklik FACEBOOK, TWITTER, atau media lainnya di bawah ini.

Share on Twitter

Keadaan Gereja Kristiani Antara Tahun 100 Masehi dan 500 Masehi

Gereja Mula Mula - PenulisHidupku.Com - 1

Antara tahun 100 Masehi dan 500 Masehi, gereja Kristiani mengalami perubahan yang luar biasa. Pada tahun 100 Masehi, gereja terdiri dari minoritas kecil yang sekali – sekali mengalami penganiayaan. Pada waktu itu, walaupun sudah beredar, kitab – kitab Injil dan surat – surat belum terkumpul sebagai “Perjanjian Baru”. Walaupun ada pengakuan – pengakuan iman singkat, tetapi belum ada yang resmi. Organisasi gereja masih berkembang dan berbeda antara daerah yang satu dengan daerah yang lain, sebagaimana halnya pada zaman Perjanjian Baru. Akhirnya, belum ada bentuk ibadah yang pasti, walaupun doa – doa tertentu seperti Doa Bapa Kami, mungkin sudah dipakai.

Simbol Kristiani dalam Tentara Roma - PenulisHidupku.Com - 1

Menjelang tahun 500 Masehi, timbulah situasi yang sangat berbeda. Sebagian besar orang di dalam lingkungan Kekaisaran Romawi menyebut dirinya orang Kristiani, dan agama Kristiani menjadi agama resmi negara. Ada juga gereja – gereja penting di luar batas – batas Kekaisaran Romawi, seperti gereja Etiopia dan gereja di India. Alkitab kini terdiri dari Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, dimana yang terakhir ini sudah dalam bentuk yang sama seperti yang kita kenal sekarang, walaupun di sana – sini masih ada sisa – sisa versi lokal. Ada dua pengakuan iman yang dipakai di kalangan luas. Juga sudah ada pengertian yang jelas tentang apa itu “Ortodoksi” dibanding dengan ajaran – ajaran sesat, khususnya mengenai ketritunggalan dan pribadi Kristus. Di mana – mana pelanyanan gereja berbentuk tiga serangkai: uskup, presbiter (penatua), dan diaken, walaupun masih juga terdapat perbedaan – perbedaan lokal yang tidak begitu penting. Keseluruhan ibadah gereja berbentuk liturgis dengan bentuk – bentuk doa yang tetap.

Kebanyakan dari perubahan – perubahan ini muncul secara berangsung – angsur selama 400 tahun. Pada umumnya perubahan ini dilakukan untuk kebaikan gereja dan menunjukkan suatu perkembangan yang sehat. Namun demikian, tidak semua perubahan merupakan perbaikan. Kebanyakan orang zaman sekarang akan menganggap hubungan erat antara gereja dengan negara dan pengangkatan agama Kristiani sebagai agama resmi, kalau bukan sebagai kutukan, paling tidak sebagai berkat yang sekaligus membawa kesulitan. Banyak orang tertentu kurang tertarik pada pola pelayanan yang muncul, begitu pula terhadap penindasan bentuk – bentuk ibadah yang bebas.

Paulus dan Gereja Mula Mula - PenulisHidupku.Com - 1

Ada dua titik balik penting dalam sejarah gereja purba. Yang pertama terjadi pada tahun 70 Masehi. Hingga saat itu banyak murid Yesus merupakan orang Yahudi dan kemungkinan besar mereka umumnya dipandang sebagai kelompok “pembangkang” dari agama Yahudi. “Orang – orang Nasrani” dapat dilihat sebagai salah satu sekte Yahudi di samping sekte Farisi, Saduki, dan Eseni (Kisah Para Rasul 24:5). Gereja induk berada di Yerusalem. Rasul Paulus harus memperjuangkan pengakuan terhadap misinya kepada orang – orang kafir. Ia harus berjuang keras untuk mendapatkan kepastian bahwa orang kafir yang bertobat tidak perlu menjadi Yahudi dengan jalan disunat. Akan tetapi pada tahun 70 Masehi, Yerusalem dirampok orang Romawi sebagaimana telah dinubuatkan oleh Yesus, dan gereja Yerusalem sudah tidak ada lagi. Semenjak itu, gereja orang kafirlah yang menjadi dominan. Jemaat di Roma, ibu kota dunia kafir, segera menjadi pemimpin di antara gereja – gereja. Kalau pada zaman gereja Perjanjian Baru yang menjadi soal hangat adalah “apakah orang kafir harus disunat (menjadi Yahudi) ?”, maka bagi gereja abad ke-2 persoalannya menjadi “dapatkah pengantu – penganut Yahui mempertahankan hukum – hukum Yahudi (tetap menjadi orang Yahudi)?” Agama Krisiani telah berubah dari sekte Yahudi menjadi agama berpotensi universal.

Kaisar Konstantianus - PenulisHidupku.Com - 1

Titik balik kedua terjadi pada waktu Kaisar Konstantinus mengaku percaya kepada Kristus pada tahun 312 Masehi. Sebelum itu, gereja merupakan minoritas yang berbeda paham dengan negara dan yang sewaktu – waktu dianiaya. Keadaan ini segera berubah. Konstantianus menghentikan penganiayaan dan menawarkan sokokngan serta bantuan resmi. Di antara kaisar – kaisar yang menggantikannya, hanya satu orang kafir. Agama Kristiani menjadi agama resmi negara.

Hubungan antara gereja dan negara disambut hangat oleh sebagianorang pada zaman itu (antara lain Eusebius dari Kaisarea) dan hingga sekarang masih dipertahankan oleh banyak orang. Namun, ada yang dari semula menganggapnya suatu kekhilafan, dan sekarang semakin banyak orang tertarik untuk melihat hubungan negara dengan gereja ini sebagai keputusan yang paling buruk. Ada beberapa masalah yang terlibat di dalamnya. Pertama, pengakuan agama Kristen sebagai agama resmi negara menyebabkan pertobatan massal orang – orang kafir, meskipun pertonatan itu hanya bersifat dangkal. Pada gilirannya ini menyebabkan kemerosotan moral dan masuknya praktek – praktek kafir dan berhala. Masalah kedua adalah bahwa gereja para martir yang teraniaya tak selang berapa lama berubah menjadi gereja resmi yang sendirinya menganiaya. Pemaksaan legal pertama tama digunakan terhadap golongan Kristiani yang menyimpang dari “Gereja Katolik” yang merupakan aliran utama dan kemudian terhadap pemujaan berhala. Gereja sebagai pelayan yang menderita terancam akan berubah menjadi gereja yang menindas. Ketiga, karena Eropa menjadi Kristiani, agama Kristiani terancam menjadi agama suku orang – orang Eropa. Hubungan gereja dengan negara memang membawa kesulitan. Namun perlu diingat pula, bahwa aliran utama sejarah Kristiani terjadi di Eropa yang Kristiani itu. Di situlah gereja berulang kali mengalami pembaruan. Dan di situlah Injil disebar ke seluruh pelosok dunia.

Sama seperti Kekaisaran Romawi, gereja purba terbagi atas bagian Timur yang berbahasa Yunani, dan bagian Barat yang berbahasa Latin. Di balik perbedaan bahasa ini terdapat perbedaan kebudayaan antara dunia Yunani dan dunia Romawi. Orang Kristiani pertama yang bukan Yahudi adalah orang Yunani, dan Perjanjian Baru dengan sendirinya ditulis dalam bahasa Yunani. Sementara gereja di Roma pada umumnya tetap berbahasa Yunani sampai dengan abad ke-3. Tanda – tanda pertana dari agama Kristiani memakai bahasa Latin ditemukan di Afrika Utara, dan Tertullianus orang Afrika itu (pada akhir abad ke-2), adalah penulis Kristiani penting yang pertama menggunakan bahasa Latin. Pada abad – abad pertama, gereja Kristiani berbahasa Yunani dan Latin hidup rukun berdampingan, walaupun sesekali ada ketegangan. Kemudian, ketika Kekaisaran Romawi bagian Barat runtuh pada abad ke 5, kedua gereja semakin terasing satu dengan yang lain, dan akhirnya menjadi Gereja Ortodoks Timur dan Gereja Katolik Roma.

Gereja Katolik Roma dan Ortodoks Timur - PenulisHidupku.Com - 1

Komentar penulis: perkembangan gereja antara tahun 100 hingga 500 Masehi memang terlihat tidak sempurna. Dengan berbagai permasalahan, tantangan, dan kekurangan manusia, tetap akhirnya semua rencana dan maksud Tuhan tercapai.


Disadur dari buku Runtut Pijar karangan Tony Lane. Silahkan membeli bukunya di toko buku terdekat untuk mendapatkan materi yang lebih mendalam.
Segala hormat, pujian, dan kemuliaan bagi Allah Bapa, Allah Putera, dan Allah Roh Kudus.

Untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran atas tulisan ini silahkan klik DI SINI.

Jika saudara diberkati dengan tulisan ini, mohon dibantu untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara mengklik FACEBOOK, TWITTER, atau media lainnya di bawah ini.

Share on Twitter

Video Sejarah Indonesia Yang Tersembunyi

Ir Soekarno - PenulisHidupku.Com - 1


Terima kasih kepada pembuat film, YouTube, dan uploader.
Untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran atas tulisan ini silahkan klik DI SINI.

Jika saudara diberkati dengan tulisan ini, mohon dibantu untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara mengklik FACEBOOK, TWITTER, atau media lainnya di bawah ini.

Share on Twitter

Film Mengenai Confucius

confucius-penulishidupku-com-1

Dari Wikipedia:
Kong Hu Cu atau Konfusius, kadang-kadang sering hanya disebut Kongcu (Hanzi: 孔夫子、孔子, hanyu pinyin: Kongfuzi、Kongzi) (551 SM – 479 SM) adalah seorang guru atau orang bijak yang terkenal dan juga filsuf sosial Tiongkok. Filsafahnya mementingkan moralitas pribadi dan pemerintahan, dan menjadi populer karena asasnya yang kuat pada sifat-sifat tradisonal Tionghoa. Oleh para pemeluk agama Kong Hu Cu, ia diakui sebagai nabi.

Pengaruh Kong Hu Cu terhadap peradaban Tiongkok tidak boleh dianggap enteng; ajarannya telah meluas ke Jepang, Korea dan Vietnam, khususnya melalui Konfusianisme, doktrin yang dikembangkan murid-muridnya dan para komentator.

Buku Analek adalah sebuah karya singkat yang berisi diskusi dan pembicaraannya dengan murid-muridnya. Karyanya tersebut disusun setelah dia meninggal dan berisi inti-inti ajarannya.


Untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran atas tulisan ini silahkan klik DI SINI.

Jika saudara diberkati dengan tulisan ini, mohon dibantu untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara mengklik FACEBOOK, TWITTER, atau media lainnya di bawah ini.

Share on Twitter