Garam Dunia – Bagian 1: Arti Dari Garam Dunia

Salt

MATIUS 5:13 – “Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah dia diasinkan ? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang”

Seringkali kita mendengar ajakan untuk menjadi garam dan terang dunia. Hari ini saya ingin membawa saudara ke dalam topik mengenai garam dunia supaya kita diingatkan kembali mengenai tugas dan panggilan kita. Tulisan ini akan saya pecah ke dalam lima bagian:

1. Bagian 1: Arti Dari Garam Dunia
2. Bagian 2: Peran Dari Garam Dunia
3. Bagian 3: Karakteristik Garam dan Garam Dunia
4. Bagian 4: Ketika Garam Dunia Tidak Lagi Menjadi Asin
5. Bagian 5: Bagaimana Menjadi Garam Dunia

Mari kita mulai dengan bagian yang pertama.

ARTI DARI GARAM DUNIA

MATIUS 5:13 – “Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah dia diasinkan ? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang”

Latar belakang: di ayat – ayat sebelumnya (Matius 5:1-12). Tuhan Yesus baru saja menyampaikan ucapan berbahagia di hadapan para murid dan orang banyak yang berbondong – bondong mengikuti Dia.

Kamu adalah garam dunia…”

Yang dimaksud dengan “kamu” adalah para pengikut Tuhan Yesus  yang saat itu mendengarkan khotbahNya. Untuk konteksnya saat ini “kamu” berarti setiap orang yang mengimani Yesus Kristus sebagai juru selamatnya dan melakukan ajaranNya. Dari sini sebenarnya pertanyaan apa itu garam dunia sudah terjawab. Tetapi mari kita terus gali lebih dalam lagi tidak hanya dengan hati tetapi juga dengan pikiran kita.

“Kamu adalah garam dunia…”

Ada banyak macam garam. Ada garam dapur yang digunakan di dapur. Ada garam meja yang di gunakan di meja makan. Ada garam pupuk pertanian yang digunakan di perkebunan atau sawah. Ada juga garam untuk pabrik yang digunakan untuk keperluan industri di pabrik – pabrik.

Garam tersebut dinamakan sesuai dengan ruang lingkup yang ia pengaruhi. Kita dipanggil sebagai garam dunia, karenanya ruang lingkup dari pengaruh kita adalah seluas dunia ini.

Sebagai orang yang percaya kepada Tuhan Yesus kita dipanggil untuk menjadi garam dunia. Untuk itu penting sekali kitamengerti seperti apakah dunia yang kita hadapi sekarang ini.

2 karakteristik utama dunia  saat ini:

  • Cepat berubah
  • Keadaannya semakin buruk

Di pertengahan tahun 2011 saya membaca sebuah artikel di Yahoo mengenai kekhawatiran para ahli ekonomi. Seperti kita ketahui ekonomi di Amerika dan Eropa saat itu begitu kacau, para ahli ekonomi memprediksi bahwa resesi ekonomi berikutnya akan segera datang. Karena banyak negara masih belum pulih dari resesi sebelumnya, maka resesi yang akan datang diperkirakan akan memberikan dampak lebih buruk dari the Great Recession. Dan seiring dengan perubahan ekonomi global, bisa kita perhatikan jarak antara resesi ekonomi satu dengan lainnya semakin lama semakin dekat.

Alan Greenspan Mantan Chairman Federal Reserve Amerika

Dunia kita tidak kekurangan orang pintar. Ada banyak orang berkaliber tinggi seperti Alan Greenspan yang sangat berpengetahuan soal masalah ekonomi dunia. Tetapi mengapa masalah ekonomi dunia sepertinya semakin bertambah parah?

Setiap tahunnya dunia kita memproduksi banyak tenaga ahli, termasuk di dalamnya para ahli hukum… tetapi mengapa masalah – masalah kebobrokan integritas seperti skandal Enron dan Bernard Madoff masih terus berlangsung?

Tahun 1960 dunia mengenal istilah “sexual revolution”. Di saat Beatles berjaya, ada suatu kegerakan yang menyusupi kehidupan para remaja dalam bentuk seks pra nikah. Sejak saat itu umur rata – rata pria dan wanita yang melakukan seks pra nikah semakin lama semakin muda.

Saya juga baca sebuah artikel dari sebuah website yang berjudul “mengapa kita menikah?” Dan jawaban atas pertanyaan itu di dalam artikel tersebut adalah “kita menikah untuk memproduksi anak… karena kelangsungan sebuah negara dan kebudayaan tidak dapat terjadi tanpa adanya generasi penerus”.  Bahkan ditambahkan di artikel itu “jaman sekarang dunia sudah mulai menerima konsep melahirkan anak di luar nikah. Bahkan tidak hanya ada anda tidak harus menikah, sekarang dengan adanya bank sperma dan teknologi bayi tabung anda tidak perlu melakukan hubungan suami istri untuk memproduksi anak”.

90 tahun yang lalu (tahun 1920-an), kalau seseorang menggunakan pakaian renang yang kita pakai sekarang (bikini, dsb), orang tersebut akan ditangkap polisi, dipenjara, atau dimasukan ke rumah sakit jiwa untuk dites kewarasannya. Pada jaman itu bahkan lelaki tidak boleh bertelanjang dada. Itu hanya 90 tahun yang lalu, sebuah waktu yang singkat dalam ribuan tahun peradaban manusia. Sekarang dunia sudah berubah. Pakaian renang minim sudah menjadi bagian dari fashion kita.

Pakaian Renang Di Tahun 1920

Dunia begitu cepat berubah. Kita seakan-akan berdiri di atas sebuah conveyor belt dimana tanah yang kita pijak ini terus berpindah dan berubah. Dan lebih parahnya keadaannya semakin lama menjadi semakin buruk. Di satu sisi kita begitu bangga atas kemajuan teknologi dan kemakmuran tetapi di satu sisi lain kita mengalami kemerosotan moral dan rohani yang membawa sederetan masalah – masalah lainnya.  Karenanya apa yang bisa kita gunakan sebagai solusi bagi dunia ini ? Dan apakah yang bisa kita gunakan sebagai pegangan?

Rev. Billy Graham

Firman Tuhan berkata langit dan bumi akan lenyap tapi FirmanNya tetap. Firman itulah pegangan kita yang tidak akan pernah berubah dari dulu, sekarang, sampai selama – lamanya. Dan solusi bagi dunia kita yang semakin kacau ini adalah dibutuhkannya orang – orang yang bersedia menjadi para pelaku Firman.

Seorang hamba Tuhan bernama Billy Graham pernah mengeluh. Dia berkata seandainya 5% dari semua orang yang mengaku dirinya orang Kristen benar2 melakukan Firman Tuhan maka masalah – masalah dunia akan lenyap dan dunia kita ini akan dipenuhi dengan kedamaian. Sekali lagi dunia kita butuh para pelaku Firman. Marilah kita sadari bahwa panggilan untuk menjadi garam dunia adalah panggilan untuk kita semua yakni orang – orang yang mengasihi Tuhan Yesus dan panggilan itu adalah panggilan untuk menjadi para pelaku Firman.

KESIMPULAN


“GARAM DUNIA = PELAKU FIRMAN YANG MENGASIHI TUHAN YESUS”


 

Ditulis oleh: Handy Tirta Saputra – Agustus 2011
Tidak ada hak cipta – silahkan dikopi dan disebarluaskan
Hormat dan kemuliaan hanya bagi Dia, Tuhan Yesus Kristus

Untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran atas tulisan ini silahkan klik DI SINI

Jika saudara diberkati dengan tulisan ini, mohon dibantu untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara mengklik FACEBOOK, TWITTER, atau media lainnya di bawah ini.

ARTIKEL LAIN YANG TERKAIT:

2 thoughts on “Garam Dunia – Bagian 1: Arti Dari Garam Dunia

  1. Pingback: Garam Dunia – Bagian 3: Karakteristik Garam Dan Garam Dunia | Penulis Hidupku

  2. Pingback: Garam Dunia – Bagian 3: Ketika Garam Dunia Tidak Lagi Menjadi Asin | Penulis Hidupku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *