Tips Sederhana Membuat Kapsul Waktu (Time Capsule)

Kapsul WaktuBadan gua sekarang lagi terasa capek banget dan pegal – pegal.  Sekarang pukul 7:38 malam dan baru saja selesai bikin laporan bulanan untuk boss di kantor. Sambil ditemani oleh sekaleng Red Bull, akhirnya gua bisa rileks sesaat hehehe.  Selama beberapa hari ini gua sibuk pindahan tempat tinggal. Ini adalah pindahan gua yang ke 14 kalinya sejak gua tinggal di Singapura (tahun 1998). Puji Tuhan semalam pada pukul 3.30 pagi gua berhasil menyelesaikan pindahan gua. Setiap kali gua pindahan, gua selalu saja menemukan banyak harta karun. Entah itu uang yang keselip di sana sini, angpao yang belum gua sempat buka, surat – surat  / kartu2 ucapan yang gua belum baca, hadiah2 yang belum sempat gua buka, dsb. Namun dari antara semua harta karun tersebut, ada satu yang begitu berharga buat gua, yakni gua punya “time capsule”.

Time capsule gua adalah kumpulan tulisan – tulisan yang gua tulis di masa lalu untuk ditujukan kepada diri gua di masa mendatang. Semacam diary + prophecy gitu deh. Dan saat tulisan tersebut gua tulis, gua sedang melalui banyak peristiwa. Ada tulisan yang gua tulis ketika gua sedang sangat bersemangatnya dan serasa bisa menaklukan dunia :), namun ada juga tulisan2 yang gua tulis ketika gua sedang melalui “lembah yang kelam”. Sambil duduk di lantai biasanya gua bisa termenung sesaat sambil melalui tulisan – tulisan tersebut. Ada sesuatu yang sangat istimewa terasa di hati ketika membaca tulisan tangan sendiri. Dan dari sana gua bisa melihat betapa Tuhan selalu menyertai perjalanan hidup gua yang di mata manusia jauh dari kesempurnaan, dan betapa Tuhan selalu berkuasa di dalam situasi apa pun. Bahkan di dalam situasi yang begitu sulit yang gua ingat melalui tulisan yang ada, gua melihat … eh ternyata masalah tersebut tidak menghancurkan gua tuh… eh ternyata Tuhan gua masih lebih hebat tuh.

Surat - PenulisHidupku.Com - 1

Temen – temen… kalau loe sulit melihat kebaikan Tuhan… gua mau encourage loe untuk MULAI MENULIS DAN MEMBUAT TIME CAPSULE. Ada 2 macam tulisan. Tipe tulisan pertama adalah  untuk memberikan semangat kepada diri kita di masa mendatang. Contohnya begini:

Kepada: diri gua sendiri (atau nama loe sendiri)

Loe sangat luar biasa. Sekarang di tahun 2015 (atau di masa mendatang) loe semakin bertambah dahsyat dalam pengenalan akan Tuhan dan semakin intim dengan Tuhan. Itulah sebabnya sekarang loe sudah menjadi seorang suami dan ayah (istri / ibu… tergantung loe) yang berhasil. Pekerjaan loe (disebutkan bidangnya) begitu diberkati dan memberkati banyak orang. Gua cuma mau ucapkan selamat ! Dan kalau loe baca surat ini, tolong pejamkan mata loe sesaat dan bilang kepadaNya “TUHAN ENGKAU SUNGGUH BAIK”

Dari diri loe di masa lalu, yang selalu percaya bahwa Tuhan turut bekerja di dalam segala hal untuk membawa kebaikan dalam hidup loe dan yakin loe mampu melakukan segala hal di dalam Dia. 4 April 2012, 7:57 pm, Fuji Xerox Towers (tanggal, waktu, tempat).

Kira – kira begitulah contoh suratnya temen – temen. Tipe tulisan yang kedua adalah di saat kita mengalami masa2 yang tidak enak dan mencari2 jawaban. Contohnya berikut:

Kepada: diri gua di masa mendatang… yang lebih bijaksana dan dewasa

Bro (atau sis)… hari ini gua menyadari seluruh hidup gua kacau. Sekali lagi gua gagal… duh rasanya gua mau nyerah aja deh…. (dijelaskan dengan detail area apa yang buat kita sedih)… gua serasa malu… mau ditaruh dimana muka gua. Hancurlah reputasi gua… saat ini jujur gua katakan gua gak yakin apakah everything will be alright in the future.

Satu hal yang gua tetep yakin adalah janji Firman Tuhan… cuma itu saja pegangan gua. So… if you read this… let me know apakah Tuhan sanggup mengeluarkan gua dari situasi ini.

Dari: diri gua yang sedang bimbang 4 April 2012, 8 pm, di pasir Ris (tanggal, waktu, dan tempat).

Setelah menulis surat tersebut, jangan lupa untuk disimpan. Carilah sebuah tempat penyimpanan yang baik, entah itu sebuah kotak kayu, kaleng, dsb-nya. Dan boleh juga ditulis label di atasnya: MY TIME CAPSULE atau peringatan: JANGAN DIBUANG KARENA GUA DAH CAPEK – CAPEK NULIS :).

Sebenarnya apakah menulis time capsule itu alkitabiah ? Jawabannya YA. Karena banyak nubuatan di Perjanjian Lama yang digenapi oleh Mesias (Tuhan Yesus) disimpan dalam bentuk tulisan. Itulah sebabnya umat Kristiani bisa mengingat janji – janji Allah. Jadi temen – temen yuk sama – sama kita mulai nulis time capsule. Temen – temen juga bisa bikin blog kayak begini (penulishidupku.com) untuk menyimpan tulisan – tulisan kalian secara elektronik dan bisa dibagikan kepada jutaan orang di dunia ini. Semoga tulisan ini bermanfaat. Tuhan Yesus memberkati 🙂


Ditulis oleh Handy Tirta Saputra, tgl 4 April 2012, 8:12 PM.
Tidak ada hak cipta. Silahkan dicopy dan disebarkan.
Segala hormat, pujian, dan kemuliaan hanya bagi Dia, Tuhan kita Yesus Kristus.
Untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran atas tulisan ini silahkan klik DI SINI.

Jika saudara diberkati dengan tulisan ini, mohon dibantu untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara mengklik FACEBOOK, TWITTER, atau media lainnya di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *