Alasan Mengapa Allah Bergumul Dengan Yakub Dan Membuat Kakinya Pincang – (Kejadian 32:22-32)

Yakub Melawan Malaikat - PenulisHidupku.Com - 1Saya suka sekali membahas Alkitab dengan ko Jerry, karena melalui diskusi – diskusi tersebut kita berdua selalu bertambah kagum dengan kebesaran Tuhan. Beberapa hari yang lalu ko Jerry bertanya kepada saya melalui telepon “mengapa Allah membuat kaki Yakub pincang ketika bergumul denganNya ?

Setelah membaca dan merenunginya kemarin sore, hari ini saya ingin mencoba memperluas konteks dan menjawab pertanyaan tersebut.

LATAR BELAKANG

Mendengar Suara Tuhan - PenulisHidupku.Com - 1Pergumulan Yakub dengan Allah dicatat di dalam kitab Kejadian 32:22-32. Latar belakang dari kisah ini bisa dibaca di ayat – ayat sebelumnya di pasal 31 dan 32. Setelah lebih dari 20 tahun meninggalkan ayahnya (Ishak), ibunya (Ribka), dan kakaknya (Esau), Allah berfirman kepada Yakub “pulanglah ke negeri nenek moyangmu dan kepada kaummu, dan Aku akan menyertai engkau” – (Kejadian 31:3). Lalu Yakub menurut dan ia berjalan pulang bersama dengan seluruh harta kekayaan dan anak istrinya.

Di Kejadian 32, kita baca perikopnya “Yakub takut bertemu dengan Esau“, karena Yakub pernah menipu Esau 2 kali sebelumnya (Kejadian 27:36):

  • Dengan roti dan masakan kacang merah, ia mendapatkan hak kesulungan dari Esau.
  • Ia menipu Ishak untuk mendapatkan berkat anak sulung.

Karena kedua hal tersebut, Esau sangat dendam dengan Yakub dan berniat untuk membunuhnya suatu hari kelak (Kejadian 27: 41). Karena itulah Yakub begitu takut untuk bertemu kembali dengan Esau, kakak kandungnya yang pernah ia tipu.

MENGAPA ALLAH BERGUMUL DENGAN YAKUB

Nama Yakub Dalam Bahasa Ibrani - PenulisHidupku.Com - 1
Nama Yakub Dalam Bahasa Ibrani

Di dalam kitab Kejadian 32:28,  sesudah Yakub bergumul ada satu kejadian penting yang terjadi, yakni nama Yakub dirubah menjadi Israel. Hampir setiap nama orang Yahudi memiliki arti. Biasanya nama tersebut diberikan oleh orang tua dengan harapan anak tersebut tumbuh dan menjalani hidup mereka sesuai dengan arti dari nama tersebut. Setiap kali nama tersebut diucapkan, di bawah sadar orang pemilik nama tersebut kembali diingatkan mengenai panggilan hidupnya. Alkitab mencatat ada beberapa orang yang dirubah namanya. Beberapa orang  selain Yakub di antaranya adalah Abraham, Sarah, dan Paulus. Pergantian nama sama saja dengan pembaharuan / pertajaman panggilan hidup. Atau dengan kata lain pergantian nama sama dengan TRANSFORMASI HIDUP.

Kupu - Kupu - PenulisHidupku.com - 1Jaman sekarang kalau kita dengar kata transformasi, seringkali kita berpikir mengenai film Transformers yang begitu memukau. Tapi saya lebih suka mengasosiasikan transformasi dengan METAMORFOSIS. Salah satu mahluk yang mengalami metamorfosis adalah kupu – kupu. Untuk menjadi sebuah kupu – kupu, ulat kecil akan makan sebanyak – banyaknya dan kemudian membentuk kepompong. Ketika kupu – kupu akan meninggalkan kempompongnya, ia harus berjuang sekuat tenaga, dan karena perjuangan itulah  sebuah jenis cairan mengalir ke dalam sayap – sayapnya, sehingga ia memiliki otot untuk terbang. Tanpa perjuangan tersebut (misalnya kita bantu bukain kepompongnya) kupu – kupu tidak dapat terbang dan akan mati. Jadi proses transformasi (metamorfosis) membutuhkan perjuangan.

Jadi mari kita hubungkan ide – ide pokoknya:

  • Ganti nama = transformasi
  • Transformasi membutuhkan perjuangan
  • Bergumul = perjuangan

Dari sini kita belajar: sebab Allah bergumul dengan Yakub adalah untuk merubah (men-TRANSFORM) Yakub.

Transformers 4 - PenulisHidupku.Com - 1

APA YANG MAU ALLAH UBAH DARI YAKUB ?

Sebelum membahas apa sih yang Allah mau rubah dalam diri Yakub, mari kita jawab pertanyaan ini: Yakub bergumul dengan Allah atau malaikat ?

Jawabannya adalah DUA – DUANYA. Referensinya bisa ditemukan di kitab Hosea 12:3-4 (inggris 4-5): “Di dalam kandungan ia menipu saudaranya, dan dalam kegagahannya ia bergumul dengan Allah. Ia bergumul dengan Malaikat dan menang; ia menangis dan memohon belas kasihan kepada-Nya…

Apa maksud dengan kedua – duanya (bergumul dengan Allah dan juga dengan malaikat) ?

  • Secara fisik (JASMANI) Yakub bergumul DENGAN MALAIKAT.
  • Namun secara batin (ROHANI) Yakub bergumul DENGAN ALLAH.

Jadi apa sih yang Allah mau rubah dari diri Yakub ? Jawabannya terletak di dalam JUDUL PERIKOP: Yakub bergumul DENGAN ALLAH. Dari sini kita bisa menyimpulkan Allah ingin merubah (transformasi) sisi rohani Yakub.

Rohani - PenulisHidupku.com - 1

SISI ROHANI YAKUB YANG INGIN TUHAN UBAHKAN

Untuk melihat transformasi rohani Yakub yang Allah kerjakan melalui pergumulan, mari kita terlebih dahulu mengenal siapa pribadi Yakub. Secara singkat, Yakub memiliki sifat sebagai berikut:

  • Pandai, namun suka menipu. Ia menipu Esau untuk mendapatkan hak sulung dan Ishak ayahnya demi berkat anak sulung.
  • Egois. Dia tidak memikirkan kepentingan Esau, dan ketika ia akan bertemu dengan Esau, ia mengirim anak istrinya terlebih dahulu menyebrangi sungai.
  • Berkemauan keras. Untuk mendapatkan Rahel, ia bersedia bekerja selama 14 tahun bagi Laban mertuanya.
  • Percaya kepada Tuhannya Ishak dan Abraham. Yakub mendengarkan Allah berfirman untuk kembali pulang ke rumah ayah ibunya. Walaupun nyawa adalah taruhannya, Yakub memutuskan untuk menurut.

Kita lihat Yakub memiliki sifat yang baik dan juga yang jelek. Dari pergumulan ini Allah ingin merubah sifatnya yang jelek dan sekaligus memperkuat yang baik. Untuk itu Allah sengaja menyuruh Yakub pulang menghadapi Esau dan di dalam ketakutannya, Yakub tidak memiliki jalan lain… ia harus bergumul dengan Allah (ia harus mengadakan pemberesan rohani).

Bagaimana Allah mengadakan pemberesan rohani dengan Yakub ?

  • Dengan MEMBUAT PANGKAL PAHANYA TERPELECOK Allah ingin MENGAJARKAN Yakub untuk tidak lagi bergantung kepada dirinya sendiri, dan mulai hari itu BERGANTUNG SEPENUHNYA KEPADA ALLAH. Di Kejadian 32:10 ditulis “… sebab aku membawa tongkatku ini waktu aku menyeberangi sungai Yordan ini, tetapi sekarang telah menjadi 2 pasukan“:
    1. Perjalanan Rohani - PenulisHidupku.Com - 1Yakub mengenang ketika ia lari dari Esau dan pertama kalinya ia menyebrangi sungai Yordan. Bagi orang Israel tongkat adalah lambang kekuatan, dan bisa dipakai untuk membela diri. Saat itu Yakub masih muda, masih kuat,  dan masih bisa bergantung kepada diri sendiri. Yakub berkata kepada Tuhan: “dahulu aku susah… namun dengan kekuatan dan kegigihan aku bekerja… sekarang aku sangat diberkati… aku bukan lagi seorang pelarian yang tidak memiliki apa – apa… kalau tongkat ini dapat berbicara, dia akan menjadi saksiku”.
    2. Tongkat Yakub - PenulisHidupku.com - 1Namun setelah kakinya pincang… tongkat Yakub bukan lagi menjadi simbol kekuatan… melainkan menjadi penopang (alat bantu berdiri). Setiap kali ia melihat kakinya yang pincang dan tongkat ini, Yakub diingatkan mengenai penyertaan Allah di dalam hidupnya. Yakub menyadari “Allah adalah sumber kekuatanku… tanpa Dia aku tidak bisa apa – apa “. Yakub tetap bergantung kepada Allah sampai pada hari ia mati, itulah sebabnya ia dikenal sebagai salah satu saksi iman. Ibrani 11:21 – “Karena iman maka Yakub, ketika hampir waktunya akan mati, memberkati kedua anak Yusuf, LALU MENYEMBAH SAMBIL BERSANDAR PADA KEPADA TONGKATNYA
  • Nama Israel Dalam Bahasa Ibrani - PenulisHidupku.Com - 1

    Israel Dalam Bahasa Ibrani

    Seperti dibahas di atas, Yakub adalah seorang penipu. Dia pernah berkata kepada Ishak bahwa dirinya adalah Esau. Kejadian 27:24 – “tetapi ia (Ishak) masih bertanya: “Benarkah engkau ini anakku Esau?” Jawabnya (Yakub): “Ya!”“. Kita lihat bagaimana cara Allah memulihkan Yakub dari sifatnya sebagai penipu. Kejadian 32:7 – Bertanyalah orang itu (malaikat Allah) kepadanya “SIAPAKAH NAMAMU ?” Sahutnya “YAKUB“. Nama Yakub diberikan oleh orang tuanya karena dia memegang kaki kakaknya ketika lahir. Suatu sifat bawaan dari lahir dimana dia tidak mau berjuang untuk keluar lahir dari rahim ibunya, memanfaatkan orang lain, dan juga keinginan untuk memegang / mengambil kepunyaan kakaknya. Dengan nama itu, ia tumbuh menjadi orang yang suka menipu dan menghalalkan segala macam cara untuk mendapatkan apa yang ia mau. Namun betapa malangnya, dia sendiri ditipu oleh orang yang lebih lihai, yakni Laban mertuanya. Ketika dia menjawab dengan jujur mengenai namanya, Yakub dengan jujur menyadari SIAPA DIA. Dan Allah melihat hatinya Yakub dan berkata “bagus… Aku melihat kejujuranmu… dan sekarang Aku akan merubah engkau dengan memberikan nama baru, ISRAEL yang berarti “dia yang telah bergumul dengan Allah dan manusia”. Yakub sebagai Israel dapat berdiri tegak di hadapan Allah maupun manusia.

Setelah Yakub mengalami transformasi tersebut bisa kita lihat di perubahan yang luar biasa di dalam diri Yakub. Mari kita baca di dalam Kejadian 33:2-3

“Ia menempatkan budak-budak perempuan itu beserta anak-anak mereka di muka, Lea beserta anak-anaknya di belakang mereka, dan Rahel beserta Yusuf  di belakang sekali. Dan ia sendiri berjalan di depan mereka dan ia sujud sampai ke tanah tujuh kali,hingga ia sampai ke dekat kakaknya itu.”

Kita lihat bagaimana Yakub menjadi seorang pribadi yang bertanggung jawab, berani menghadapi tantangan, dan memiliki kerendahan hati untuk mengakui kesalahannya di masa lalu. Inilah ciri – ciri dari seorang pria sejati.

 APA YANG BISA KITA PELAJARI DARI KISAH YAKUB INI ?

  1. Tuhan mengijinkan adanya masalah dan tantangan, untuk merubah kita menjadi lebih baik dan supaya iman kita kepada Nya bertumbuh.
  2. Permasalahan yang terbesar itu bukanlah situasi atau kondisi di luar, Allah lebih memasalahkan isi hati kita (aspek rohani).
  3. Transformasi hidup hanya bisa terjadi ketika kita mengalami perjumpaan pribadi dengan pencipta kita.
  4. Determinasi dalam mengejar Tuhan… SEKALI MENANGKAP TUHAN… KITA TIDAK AKAN PERNAH MELEPASKANNYA LAGI (NEVER LET HIM GO).

Saya suka dengan lagu yang dinyanyikan oleh bapak Ir. Niko Njotorahardjo yang berjudul “NEVER LET YOU GO”

NEVER LET YOU GO
(Tidak Akan Pernah MelepaskanMu)
Song writer: Karen Ong

LORD, YOU’RE MORE THAN ANYTHING
(Tuhan, Engkau Lebih Dari Segalanya)
YOU’RE MORE THAN GOLD
(Engkau Lebih Dari Emas)
MORE THAN ANYTHING
(Lebih Dari Segalanya)

LORD, YOU’RE EVERYTHING TO ME
(Tuhan, Engkaulah Segalanya Bagiku)
I WILL NEVER LET YOU GO
(Aku Tidak Akan Pernah MelepaskanMu)
NEVER EVER LET YOU GO
(Tidak Akan Pernah MelepaskanMu)

CHORUS:
YOUR LOVE IS HIGHER, HIGHER THAN THE HEAVEN
(KasihMu Lebih Tinggi, Lebih Tinggi Dari Surga)
YOUR MERCY’S DEEPER, DEEPER THAN THE EARTH
(RahmatMu Lebih Dalam, Lebih Dalam Dari Bumi)
YOUR GRACE IS WIDER, WIDER THAN THE OCEAN
(Kasih KaruniaMu Lebih Lebar, Lebih Lebar Dari Lautan)
I WILL NEVER LET YOU GO
(Aku Tidak Akan Pernah MelepaskanMu)
NEVER EVER LET YOU GO
(Tidak Akan Pernah MelepaskanMu)

Terima kasih saudara atas waktunya untuk membaca tulisan ini. Semoga kita semua semakin bertumbuh di dalam pengenalan akan Allah kita dan mampu melakukan FirmanNya di dalam kehidupan sehari – hari sehingga kita memberikan dampak yang positif bagi dunia ini. Tuhan Yesus memberkati !


Ditulis oleh Handy Tirta Saputra, 17 April 2012.
Tidak ada hak cipta. Silahkan dikopi dan disebarluaskan.
Terima kasih kepada ko Jerry atas waktunya untuk diskusi Alkitab.
Terima kasih kepada pak Niko, Karen Ong, Kidung.com, dan YouTube atas video musiknya.
Segala hormat, pujian, dan kemuliaan bagi Dia, Tuhan kita Yesus Kristus.
Untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran atas tulisan ini silahkan klik DI SINI.

Jika saudara diberkati dengan tulisan ini, mohon dibantu untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara mengklik FACEBOOK, TWITTER, atau media lainnya di bawah ini.

ARTIKEL LAIN YANG TERKAIT:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *