Panen

Panen - PenulisHidupku.Com - 1

Saya dapatkan renungan ini dari saudara Kimsan melalui BBM. Saya rasa sangat bagus untuk dibagikan dengan para pembaca sekalian.


Sepasang petani miskin bekerja keras untuk membiayai kuliah anak mereka. Betapa bangganya mereka ketika anak itu akhirnya lulus dan diwisuda. Meskipun orangtuanya tidak terpelajar dan berpakaian seadanya, sang anak menyambut mereka dengan bangga dan memperkenalkannya pada dosen dan teman – temannya.

Saat wisuda, anak itu memberikan sambutan mewakili mahsiswa seangkatannya, dan hadirin terharu mendengarkannya. Ketika ia kembali ke tempat duduk, ayahnya berbisik kepada ibunya, “Bu, ini panenan kita yang paling baik.” Ya, keluarga adalah investasi yang sangat berharga. Sayangnya, saat ini kita justru lebih banyak mendengar tentang hancurnya nilai – nilai keluarga: kenakalan anak akibat keluarga berantakan, perselingkuhan, perceraian. Di sisi lain, kejadian ini juga memperlihatkan betapa strategisnya peran keluarga.

Keluarga yang kuat membuat gereja kuat; kalau gereja kuat, kota juga kuat; kalau kota kuat, bangsa pun akan kuat. Prinsip – prinsip untuk membangun keluarga yang kuat ini dapat kita temukan dalam firman Tuhan. Kalau kita bersedia mempelajari dan menerapkan prinsip – prinsip Alkitab tersebut, jerih payah kita tidak akan sia – sia.

Di tengah dunia yang kalut ini, keluarga akan menjadi tempat perlindungan, tempat pembelajaran rohani, tempat pembentukan karakter, dan tempat persekutuan yang kreatif. Dengan kata lain, kita akan menuai panen yang terbaik. Tanggung jawab kita dalam keluarga, secara unik akan mempersiapkan kita untuk pelayanan apa pun di luar rumah.

Efesus 6:4 – “Dan kamu, bapa – bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak – anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.”

Marilah kita renungkan betapa banyak waktu, hati, dan tenaga yang telah kita investasikan di dalam keluarga kita hari ini.


Terima kasih kepada Ong Kim San atas renungannya yang dikirim melalui BBM, tanggal 18 April 2012.
Segala hormat, pujian, dan kemuliaan bagi Dia, Tuhan kita Yesus Kristus.
Untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran atas tulisan ini silahkan klik DI SINI.

Jika saudara diberkati dengan tulisan ini, mohon dibantu untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara mengklik FACEBOOK, TWITTER, atau media lainnya di bawah ini.

2 thoughts on “Panen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *