Selamat Jalan Bagus Suryadarma Sanjaya – (22 April 2012, 8.44 PM)

Bagus Suryadarma Sanjaya - PenulisHidupku.Com - 1Pagi ini saya mendapatkan informasi lewat blackberry messenger bahwa salah satu jemaat NDFI, Bagus Suryadarma Sanjaya yang berumur 12 tahun telah kembali ke pangkuan Bapa di surga pada hari Minggu, 22 April 2012, pada pukul 8.44 malam waktu Singapura di rumah sakit NUH. Terasa badan lemas karena baru saja semalam, jemaat NDFI bersama dengan pembimbing rohani saya, bapak Ronald Wally Jozef, mendoakan Bagus agar berhasil melewati masa kritisnya. Namun ternyata Tuhan berkehendak lain, Dia mungkin rindu untuk bertemu dengan Bagus muka tatap muka dan melepaskannya dari segala macam penderitaan fisik yang ia lalui selama ini.

Bagus Suryadarma Sanjaya - PenulisHidupku.Com - 2Hari ini saya bersyukur bisa mendengarkan kisahnya Bagus yang luar biasa dan sesuai dengan namanya benar – benar bagus untuk memberkati banyak orang lainnya. Setelah selesai pulang kantor dari China Square, saya kembali ke rumah untuk mengambil kamera dan charge iphone saya sebentar. Setelah itu saya berangkat menuju rumah duka untuk menghadiri kebaktian penghiburan untuk keluarga Bagus yang diadakan pada pukul 7 malam di blok 4 Toa Payoh Industrial Park #01-1345A. Sesampai di sana ternyata beberapa wajah familiar sudah berada di sana: keluarga Bagus (mama, papa, dan kedua kokonya), pak Stefanus beserta istri, ci Mulya, ko Hendra Gunawan, dan juga istrinya ko Jerry (mamanya Kezia).

Bagus Suryadarma Sanjaya - PenulisHidupku.Com - 3

Tak lama kemudian kita memulai kebaktian penghiburan, yang dibuka dengan doa dari ko Hendra. Suasana terasa begitu sedih, dan banyak dari keluarga maupun teman – teman yang hadir menangis saat doa dinaikan. Bagus… memang sangat dirindukan oleh banyak orang, namun kita semua tahu bahwa saat ini Ia sudah berada di dalam pangkuan Bapa. Bagus sudah sembuh, Bagus sekarang ini bahagia bersama dengan Allah Bapa di surga.

Bagus Suryadarma Sanjaya - PenulisHidupku.Com - 4Kemudian ci Iva memimpin kita di dalam beberapa lagu pujian dan penyembahan kepada Tuhan. Di dalam suasana duka, banyak hal yang tidak bisa kita mengerti, namun satu hal yang pasti adalah Allah tetap memegang kendali. Dalam pujian itu bisa saya rasakan betapa baiknya Tuhan di dalam hidup Bagus dan keluarganya. Tuhan tetap memegang kendali di dalam situasi apa pun. Melihat ketabahan dari keluarga Bagus saya merasa sangat dikuatkan dan diberkati sekali. Saya yakin itu semua adalah buah dari iman Bagus selama ini. Bagus… engkau sudah menjadi teladan bagi keluarga maupun para sahabatmu… engkau terus percaya kepada Tuhan sampai kepada garis finish.

Bagus Suryadarma Sanjaya - PenulisHidupku.Com - 5

Pak Stefanus kemudian memberikan kata – kata penghiburan. Orangtua dan koko – koko Bagus adalah benar – benar keluarga yang baik dan mengasihi Bagus sepenuhnya. Mereka sudah berjuang dan memberikan yang terbaik bagi Bagus. Pak Stefanus berpesan bahwa kesedihan dan air mata yang kita teteskan hari ini merupakan kesedihan yang sementara. Bagus sudah mendahului kita. Kita yang ditinggalkan harus tetap tabah dan kuat. Suatu saat kelak kita akan berkumpul kembali dengan Bagus di dalam kekekalan bersama dengan Bapa di surga. Kemudian kita semua juga mendoakan keluarga Bagus dan meminta Tuhan agar memberikan penghiburan dan kekuatan.

Bagus Suryadarma Sanjaya - PenulisHidupku.Com - 6

Bagus Suryadarma Sanjaya - PenulisHidupku.Com - 7Setelah itu keluarga Bagus yang diwakili oleh kedua kokonya memberikan pesan dan kesan mengenai kehidupan Bagus. Dari kesaksian mereka, saya baru mengetahui bahwa perjuangan Bagus tidaklah mudah. Selama 1 tahun dan 4 bulan, Bagus menghadapi penyakit leukemia ini. Walaupun demikian Bagus tidak pernah mengeluh, selalu ceria, dan energik. Mereka bercerita bahwa Bagus selalu berdoa agar keluarganya diberikan ketabahan dan kekuatan. Sungguh kedua koko Bagus merasa sangat kehilangan akan adik mereka yang tercinta, dan juga mereka sangat salut serta bangga memiliki adik yang begitu luar biasa. Bagus sempat merayakan dua kali ulang tahun di Singapura, yang begitu berkesan bagi Bagus maupun keluarganya. Keluarga Bagus juga menyampaikan ucapan terima kasih yang mendalam kepada sahabat – sahabat keluarga Bagus yang terus – menerus mendukung dan mendoakan mereka.

Mulya Goyang Kerawang - PenulisHidupku.Com - 1Ci Mulya juga memberikan pesan dan kesan mengenai hidup Bagus. Sebagai salah satu jemaat NDFI yang aktif mengikuti perkembangan Bagus, ci Mulya juga merasa sangat kaget akan berita kepulangan Bagus ke rumah Bapa. Ci Mulya salut dengan keluarga Bagus yang di dalam pergumulannya yang tidak mudah terus menerus bergantung kepada Tuhan Yeus. Mereka sudah menjadi contoh dan teladan bagi banyak orang lainnya yang juga sedang mengalami pergumulan yang sama. Kepergian Bagus meskipun membawa kesedihan, namun juga ada sukacita karena Bagus sudah berada di tempat yang jauh lebih baik, jauh lebih mulia, dan tidak ada lagi penderitaan maupun air mata. Walaupun Tuhan menghendaki Bagus agar pulang ke pangkuanNya, Ci Mulya yakin bahwa keputusan Tuhan selalu adalah yang terbaik. Tuhan akan selalu menyertai keluarga Bagus dan memberikan penghiburan kepada mereka.

Herman Cho - PenulisHidupku.Com - 1Kemudian ko Herman Cho juga menambahkan dengan memberikan kesaksian. Ko Herman tidak mengerti mengapa di dalam hidup ini ada banyak penderitaan. Dia sendiri pernah bertanya kepada Tuhan mengapa ia harus mengalami masalah dengan kesehatan papanya. Sampai satu hari ia terjun ke dalam pelayanan orang – orang sakit dan Tuhan membukakan kepadanya bahwa masalah yang ko Herman hadapi adalah masalah yang biasa. Ada begitu banyak orang lain (termasuk keluarga Bagus) yang mengalami masalah yang lebih sulit. Ko Herman mengatakan bahwa walaupun kepergian Bagus itu kita tangisi, namun yang terpenting adalah bagaimana kita semua yang ditinggalkan bisa memperjuangkan keselamatan dan iman kita masing – masing… supaya sama seperti Bagus kita semua juga bisa memasuki kerajaan surga yang kekal.

Bagus Suryadarma Sanjaya - PenulisHidupku.Com - 8

Bagus… kamu akan sangat kami rindukan… suatu saat nanti kita semua akan berkumpul kembali. Sampai saat itu tiba… kita semua di sini akan tetap hidup sepenuhnya bagi Yesus Kristus.


Selamat jalan kekasih Tuhan Bagus Suryadarma Sanjaya – 22 April 2012, 8.44 PM.
Tuhan memeluk dan menghibur keluarga Bagus yang ditinggalkan.
Terima kasih kepada YouTube atas video musiknya.
Segala hormat, pujian, dan kemuliaan bagi Dia, Tuhan kita Yesus Kristus.
Untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran atas tulisan ini silahkan klik DI SINI.

Jika saudara diberkati dengan tulisan ini, mohon dibantu untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara mengklik FACEBOOK, TWITTER, atau media lainnya di bawah ini.

ARTIKEL LAIN YANG TERKAIT:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *