Kesaksian Gue: Menjaga Hati Dan Pikiran

Tekanan Darah - PenulisHidupku.Com - 1Selama beberapa hari terakhir ini gua benar – benar berjuang melawan tekanan darah tinggi. Bagi yang pernah mengalaminya, pasti mengetahui bahwa kalau tekanan darah sedang naik sulit sekali untuk mengendalikan lonjakan emosi. Hal – hal kecil saja sudah bisa membuat kita meledak.

Meskipun sudah makan obat, entah kenapa Tuhan ijinkan tekanan darah gua tetap tinggi. Baru kini gua sadari… bahwa Tuhan ingin beracara dengan gua secara pribadi. Mau tau gimana prosesnya Tuhan buat gua ? Baca saja tulisan ini sampai habis 🙂

Obat Darah Tinggi - Penulishidupku.Com - 1Kamis, 26 April 2012, pagi itu seperti hari yang biasa – biasa saja buat gua, kecuali kepala gua terasa pusing dan otot di belakang leher terasa kencang dan tegang. Gejala ini sudah gua alami tiap hari selama lebih dari seminggu. Bukanlah suatu hal yang baru… tekanan darah gua sedang tinggi. Gua minum obat yang dokter berikan dan untuk sementara kerasa enakan. Pagi itu gua ke kantor dengan maksud mau mengontrol tim helpdesk, operation specialist, dan tim implementasi proyek. Dua meeting gua yang pertama berjalan lancar. Namun ketika gua bertemu dengan tim helpdesk, gua terasa kesal. Pasalnya tugas yang gua berikan kepada mereka sejak hari Kamis minggu lalu baru beres hari Rabu kemarin. Padahal deadlinenya adalah hari Selasa dan setelah dicek hasil pekerjaanya ternyata banyak kesalahan. Ternyata tim helpdesk menyuruh orang lain untuk membereskan tugas yang gua kasih.

Gua tergoda untuk marah, tapi gua masih tahan dan gua katakan kepada tim bahwa gua kecewa dengan mereka. Boleh dibilang gua masih bisa mengontrol emosi dan gua bimbing tim helpdesk untuk mengerjakan laporan sesuai dengan yang gua mau. Gua sebenarnya gak suka micro management, tapi kalau keadaan mengharuskan yah mau gak mau deh mesti turun tangan dan jadi mandor yang bossy. Hari itu cukup sibuk bagi gua karena besok harinya Jumat, tanggal 27 April 2012 gua bakalan ambil cuti untuk membantu camp pria sejati di YMCA. Siang harinya gua juga menyiapkan diri untuk menghadiri sebuah kick off meeting di Bradell yang adalah salah satu perusahaan taksi di Singapura.

Barang - Barang - PenulisHidupku.Com - 1Selain kerja di Fuji Xerox, gua dan saudara seiman gua cici L ada kerjasama menjadi koordinator pembelian bagi sebuah klien di Indonesia. Anggap saja nama klien tersebut om RWJ, yang sempat datang ke Singapura tanggal 20 April 2012 kemarin untuk mengadakan pembelian dalam skala yang cukup besar. Seperti biasa setelah om RWJ kembali ke Indonesia, gua yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan pengepakan dan pengiriman barang. Namun entah kenapa kali ini setelah 3 hari barang dari supplier belum siap juga dan om RWJ sudah menelepon gua beberapa kali untuk menanyakan status pengiriman. Hari Kamis itu sebelum gua menghadiri kick off meeting di Braddell gua baru menerima sms dari pihak supplier om RWJ bahwa barang sudah siap diambil. Ketika meeting berlangsung gua menyempatkan diri kirim black berry messenger ke cici L bahwa gua butuh bantuan dari koko H (suaminya cici L) keesokan harinya untuk mengirimkan 4 box barang yang saat itu ada di rumah mereka ke gudang supplier supaya bisa diangkut bareng – bareng dengan truk pihak ekspedisi.

Ketika gua mengirimkan pesan tersebut, batterai blackberry gua hampir habis. Dan tak lama kemudian gua menerima jawaban dari cici L “coba cek dengan koko H, sepertinya besok koko gak bisa karena kerja”. Entah kenapa dari pesan yang begitu simple saja membuat gua terasa capek… karena:

    • Sebelumnya gua punya pengalaman persis kayak begitu… gua tanya sesuatu ke cici L terus cici L bilang gua untuk cek ke koko H. Dan pas gua tanya ke koko H, gua disuruh cek lagi sama cici L. Bagi gua saat itu I don’t want to waste my time dan gua gak mau jadi bola ping – pong lagi.
    • Dalam usaha ini gua kan bekerja sama dengan cici L. Masalah dengan koko H adalah internalnya cici L.

BBMGua bilang ke cici L intinya tolong ci L atur sama ko H. Terus kalau bukan karena 4 kotak barang itu, gua gak mungkin mau bikin mereka repot dan itu barang – barang di gudang telat juga bukan karena gua melainkan masalah dari suppliernya. Terus cici L bales message gua cukup panjang lebar… banyak gak nyambungnya… gua baca rasanya pusing dan gak sabaran. Tapi puji Tuhan… tiba – tiba batterai blackberry gua mati. Kalau gak mungkin gua bisa emosian juga hehehe.

Gua jujur memandang pekerjaan ini sangat serius dan bagi gua sungguh – sungguh adalah suatu pelayanan kepada Tuhan. Karenanya gua bersedia memberikan yang terbaik. Karena tanggung jawab ini gua rela membagi waktu gua hari Jumat pelayanan di pria sejati dimana gua sudah ambil cuti dari kantor untuk beresin urusan om RWJ. Dari gua sendiri sudah keluar banyak biaya, tenaga, dan waktu untuk memastikan semua berjalan lancar. Secara keseluruhan jelas gua merasa lebih capek dari cici L. Intinya adalah gua sudah berikan yang terbaik dari pihak gua. Yang gua butuhkan adalah sedikit jaminan dari cici L bahwa sebagai partner bisnis dia juga sudah berusaha yang terbaik. Dan memang untuk ini apakah kita sudah berikan yang terbaik atau tidak hanya Tuhan saja yang tahu. Sore harinya setelah batterai bb gua dicharge, sebelum gua pergi ke sesi pertama pria sejati gua bilang ke cici L untuk memaklumi gua kalau nada gua lewat bbm mungkin kelihatannya nyolot karena gua gak bisa pilih kata2 yang halus berhubung tensi gua lagi tinggi (175 – 105).

Roh-Kudus-Allah-PenulisHidupku.Com-1Malam harinya pas di acara pria sejati ko H kirim sms katanya besok ko H tidak bisa bantuin gua pergi ke gudang supplier tapi 4 box-nya akan dia bawa ke hotel tempat ko H kerja. Jadi gua harus ambil barang tersebut dan anterin ke gudang supplier naik taksi. Gua ok saja dengan keputusan tersebut karena gua percaya itu benar – benar adalah usaha mereka yang terbaik. Malam itu Roh Kudus berbicara kepada gua ketika hati dan pikiran gua mulai mengarah ke hal – hal yang negatif. Sungguh Roh Kudus itu membuat hati gua damai dan dengan lembut Ia menyampaikan ke gua hal – hal berikut:

    • Tuhan sedang mempersiapkan gua untuk naik ke level berikutnya
    • Tuhan mengajarkan gua untuk bisa mengendalikan emosi walaupun itu sulit banget karena kondisi medis dalam diri gua
    • Tidak ada orang yang sempurna. Setiap orang pasti pernah berbuat kesalahan atau memiliki kekurangan. Namun apakah setiap dari kita mau dibentuk oleh tangan Tuhan sehingga memiliki karakter yang serupa dengan Yesus Kristus.
    • Sebagai seorang teman yang baik, kita harus bersedia mengoreksi teman kita ketika mereka melakukan kesalahan, namun bukan dengan maksud menghakimi mereka. Tentunya cara penyampaiannya harus berkhikmat.
    • Tuhan adalah sumber berkat dalam hidup gua. Gua gak perlu mengemis berkat kepada orang lain. Kalau pun gua butuh berkat… mendingan gua ngemis sama Tuhan saja.
    • Gua harus bersyukur atas kapasitas yang Tuhan berikan. Gua tergolong orang yang super duper sibuk… not very smart… but I am quite capable. Di kantor mimpin 4 tim yang berbeda, bertemu dengan berbagai customer untuk membuat mereka puas. Di luar kantor masih ada pria sejati, full gospel, tabloid SOS edisi 2, translate kesaksian ke dalam bahasa Inggris, tulis blog ini, cari jalan untuk masukin sea food ke Singapura, temenin tante yang mau checkup, bantu konseling temen – temen, dan masih bisa beresin urusan om RWJ. Roh Kudus menyadarkan bahwa itu semua adalah anugerah dan kasih karunia Tuhan semata… bukan guanya yang hebat.
    • Yang terpenting gua sudah melakukan yang terbaik dan Tuhan melihat isi hati gua apa adanya

Hari Jumat, 27 April 2012 gua bangun rada telat karena semalamnya gua berfellowship dengan brother Tanu dan Michelle sampai larut malam. Kemudian gua pergi ke YMCA untuk menghadiri camp pria sejati. Gua sudah atur dengan pihak ekspedisi untuk ambil barang di gudang supplier pukul 1 siang. Jam 11.30 lewat gua meninggalkan YMCA dan menuju ke hotel koko H untuk mengambil 4 box barang – barang. Sebelumnya gua telpon dulu koko H, dan kita setuju untuk ketemuan di hotel. Sesampai di hotel itu sekitar pukul 12.20 dan gua tungguin koko H. Beberapa hari sebelumnya Roh Kudus bilang ke gua untuk memberikan sejumlah uang kepada keluarga koko H. Gua rencananya mau langsung kasih ke koko H secara pribadi karena koko H kan kepala keluarganya. Gua cuma mau nurut saja sama suara Roh Kudus. Sesampai gua di hotel ternyata koko H stuck sama urusan kerjaan dia. Akhirnya koko H menyuruh anak buahnya untuk bantuin gua. Dalam hati gua sempat merasa negatif dan gua berkata sama Tuhan… “oh Tuhan… aku mau berkati orang lain saja kok Engkau biarkan aku ketemu sama anak buahnya… aku kan bukannya mau nagih hutang”. Tapi Tuhan berbicara satu kalimat “jagalah hatimu“. Jam 1 siang dimana seharusnya gua sampai di gudang supplier, baru anak buahnya koko H muncul. Karena melihat gua pakai kaos, sangat kerasa dia memandang rendah diri gua… mungkin keliatannya gua bukan orang penting :).

Orang Yang Menyebalkan - Penulishidupku.Com - 1Anak buah koko H ini tanya ke gua mau apa, terus gua dengan sopan bilang mau ambil barang. Singkat cerita kita berdua ambil 4 kotak barang dari mobil koko H. Ketika gua minta bantuan dia untuk bantuin angkat… langsung kelihatan dia tidak begitu senang… dari body languange dan sikapnya terasa sangat dingin. Dia mulai complain ini itu… dan serasa nyebelin banget. Dia tanya di mana mobil gua. Gua masih berbicara dengan sopan bilang ke dia bahwa gua bakalan naik taksi dan butuh bantuan dia untuk bantu bawa sampai ke taksi stand. Dengan nada meremehkan gua dia rada ngedumel dan complain ini itu. Tapi biarlah pikir gua, yang penting kan kerjaan gua ini beres. Gua ikutin dia naik ke lantai atas dan gua pikir dia memimpin gua sampai di taksi stand ternyata gua dibawa sampai di loading bay. Masih dengan sopan gua terus tanya sama dia emangnya taksi bakalan datang kemari. Dia bilang enggak. Taksi itu ada di depan sana (sekitar 20-30 meter) dekat Forum. Dan gua bilang ke dia bisa gak bantuin gua untuk angkat sedikit lagi ke sana. Terus dia memamerkan attitude problemnya… dengan sombong dia mulai menguliahi gua dan bilang gua gak ada persiapan ini itu lah bla bla bla…

Gua hampir meledak…tapi gua tinggalin saja orang itu dengan kesal karena gua tahu gua juga kerjain itu semua atas dasar gua mau memberikan yang terbaik bagi Tuhan dan gua sms koko H begini “attitude anak buah koko like SHIT !!!”. Gua gak percaya hotel bintang segede gitu pelayanannya low class. Gua rasanya gak mau nginep di hotel itu deh. Betapa orang melihat penampilan luar… mentang – mentang gua pakai kaos dipikirnya gua gak punya duit kali. Demikianlah pikiran negatif gua mulai keluar. Karena insiden itu gua bilang sama Tuhan “sori Tuhan aku kasih uangnya ke ko H dalam kesempatan berikutnya saja… aku gak bisa percayakan uang ini ke anak buahnya”. Setelah naik taksi dan diam beberapa menit… gua sms ke ko H dan bilang ke dia intinya “everything is ok…. gua lagi sensi aja… just pray for me”. Setelah itu gua doa dalam hati mengungkapkan perasaan dan pikiran negatif yang ada “Tuhan…  ini bisnis bareng – bareng… tetapi kenapa kok serasanya gua sendirian ya ? kenapa serasanya cuma gua saja yang capek kayak begini ? … dan tadi ego gua diinjak – injak… tapi Tuhan engkau tahu aku mengasihimu dan aku lakukan ini semua karena aku mau taat kepadamu”. Kemudian gua mendengar Tuhan berbicara dengan jelasnya kepada gua “anak Ku engkau tidak pernah sendirian. Aku melihat apa yang engkau lalui dan Aku sangat bangga padaMu”. Ketika suara itu gua dengar dengan jelasnya, mata gua mulai berkaca – kaca. Dan selang beberapa detik kemudian gua menerima telepon dari seorang klien yang mau beli barang lagi melalui gua.

Penerimaan Tuhan - PenulisHidupku.com - 1Astaga… ini artinya rejeki… gua akan dapat uang lagi…horee. Setelah selesai bicara dengan klien tersebut gua cuma bisa bilang ke Tuhan terima kasih… dan gua terharu dengan perhatian Tuhan sama gua. Baru saja gua dengar suara Dia… langsung berkatNya mengalir hanya dalam waktu kurang dari 5 detik. Di dalam taksi itu tanpa terasa air mata mengalir ketika gua rasakan hadirat Tuhan yang begitu kuat… berulang kali Tuhan berkata “Aku selalu menjagamu… engkau tidak pernah sendirian… sekalipun engkau merasa dunia menolakmu… Aku selalu menerimamu apa adanya”. Tuhan mengingatkan gua bahwa sering berpikiran negatif soal banyak orang, dan mantan pacar gua berkali – kali bilang “koko jangan pikiran negatif kayak gitu dong”. Dan suara mantan pacar gua yang sama terdengar lagi saat itu di dalam taksi. Saat itu gua sadar bahwa gua perlu bertobat… dengan mata berkaca – kaca menahan tangis, gua berkata kepada Tuhan: “hari ini aku mau bertobat dari kebiasaan berpikir negatif mengenai orang lain dan juga memendam perasaan negatif di dalam hati. MULAI HARI INI AKU MAU BELAJAR MENJAGA HATI DAN PIKIRAN INI“.

Hati dan Pikiran - PenulisHidupku.Com - 1Setelah itu hati gua merasa sangat plong. Gua terus menikmati hadirat Tuhan… sesampai di gudang supplier gua adakan repacking bersama dengan supplier dan pihak ekspedisi. Tangan gua kotor karena debu dan kita berhasil rubah dari 4 palet jadi 3 palet. Semuanya gua kerjakan dengan sukacita… sampe sore baru sadar gua belum makan siang, gua tidak merasa lapar, namun gua merasa puas sudah berusaha memberikan yang terbaik kepada Tuhan. Gua tahu suatu saat Tuhan akan membawa gua menjadi orang yang berhasil baik di mata Tuhan maupun di mata manusia… gua akan sampai kepada destiny gua. Dan untuk sampai ke titik itu GUA HARUS SELALU MENJAGA HATI DAN PIKIRAN INI.

Firman Tuhan berkata:

Filipi 4:7 – “Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus. Jadi ahirnya, saudara – saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, PIKIRKANLAH semuanya itu

Amsal 4:23 – “JAGALAH HATIMU dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan

Puji syukur bahwa penyertaan Allah itu begitu sempurna dan personal. Untuk masalah pikiran dan hati… memang Dia lah dokter dari segala dokter. Terpujilah nama Tuhan !


Ditulis oleh Handy Tirta Saputra
Segala hormat, pujian, dan kemuliaan bagi Dia, Tuhan kita Yesus Kristus.
Untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran atas tulisan ini silahkan klik DI SINI.

Jika saudara diberkati dengan tulisan ini, mohon dibantu untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara mengklik FACEBOOK, TWITTER, atau media lainnya di bawah ini.

ARTIKEL LAIN YANG TERKAIT:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *