Kisah Seseorang Yang Mencari Makna Kepemimpinan

Kepemimpinan - PenulisHidupku.Com - 2Tulisan ini saya dapatkan dari training di kantor soal staff performance management di Fuji Xerox Singapore. Semoga berguna bagi para pembaca sekalian.

Kepemimpinan Yang Tidak Baik - PenulisHidupku.Com - 1Dengan bersusah payah saya mencari cara untuk memiliki jiwa kepemimpinan sejati. Saya selalu berbicara dengan menggunakan wibawa dan pengikut saya pun mendengarkan. Namun betapa malangnya, masih saja ada orang yang lebih bijak dari pada saya, dan pengikut saya malah mengikuti orang tersebut.

Saya berusaha untuk memberikan inspirasi dan saya melakukannya dengan penuh kepercayaan diri, tetapi para pengikut saya berteriak “mengapa saya harus percaya kepada anda ?” Saya juga selalu memastikan penampilan saya nampak begitu profesional, penuh kebanggan dan percaya diri. Namun banyak pengikut saya melewati dan tidak merasakan kehadiran saya.

Saya selalu berlari mendahului semua orang, menunjukan arah menuju tingkat yang lebih tinggi. Saya tunjukan bahwa saya mengetahui cara menuju kesuksesan, kekuasaan, dan kemakmuran. Tetapi ketika saya menengok ke belakang saya menemukan tidak ada satu pengikut pun mengikuti. Saya tetap sendirian. “Apa yang harus saya lakukan” demikan gumam saya. “Saya sudah mencoba begitu keras dan menggunakan segala pengetahuan saya”. Saya pun terduduk lemas setengah putus asa dan banyak merenung.

Kemudian saya mendengarkan suara – suara di sekitar saya. Dan ketika saya mengetahui apa yang ingin diraih oleh grup tersebut, saya melipat lengan baju saya dan ikut terlibat di dalam pekerjaan yang ada. Sambil kita bekerja, saya bertanya “apakah kita semua sepakat dengan apa yang mau kita lakukan dan bagaimana kita melakukannya ?” Kita kemudian berpikir bersama, berjuang bersama, dan bersusah payah bersama menuju tujuan.

Saya menemukan diri saya memberikan dorongan motivasi dan keberanian bagi mereka yang ragu. Saya mencari ide – ide dari mereka yang biasanya malu untuk mengutarakan pendapat mereka. Saya mengajarkan mereka yang memiliki kemampuan sedikit. Saya memuji mereka yang bekerja keras. Ketika pekerjaan kami selesai pada akhirnya, salah satu orang dari grup tersebut berkata kepada saya “ini semua tidak mungkin terjadi kalau bukan karena kepemimpinanmu”

Kepemimpinan Yang Baik - PenulisHidupku.Com - 1Pada awalnya saya berkata “saya tidak melakukan apa – apa. Saya tidak memimpin. Saya hanya bekerja bersama dengan yang lain“. Dan kemudian saya mengerti bahwa kepemimpinan bukanlah suatu tujuan. Kepemimpinan adalah cara untuk mencapai sebuah tujuan.

Saya memimpin dengan cara yang terbaik ketika saya membantu orang lain untuk pergi ke arah yang telah kita setujui. Saya memimpin dengan cara yang terbaik ketika saya membantu orang lain untuk mengeluarkan kreativitas dari diri mereka sendiri. Saya memimpin dengan cara yang terbaik ketika saya lupa mengenai diri saya sebagai pemimpin dan berfokus hanya kepada grup saya… yakni kepada kepentingan dan tujuan mereka.

Memimpin berarti… bersedia melayani… bersedia memberi… untuk mencapai sesuatu bersama – sama.


Diambil dari Speaker’s Sourcebook II, Glenn Van Ekeren, Prentice Hall, Englewood.
Segala hormat dan kemuliaan hanya bagi Dia, Tuhan kita Yesus Kristus.
Untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran atas tulisan ini silahkan klik DI SINI.

Jika saudara diberkati dengan tulisan ini, mohon dibantu untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara mengklik FACEBOOK, TWITTER, atau media lainnya di bawah ini.

ARTIKEL LAIN YANG TERKAIT:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *