Injil Kebencian (Gospel of Hate)

Gereja Westboro - Pandangan Ekstrim - PenulisHidupku.Com - 1Sebelum menyaksikan video di bawah ini, saya ingin menekankan bahwa video ini sepertinya bukan dibuat oleh orang yang mencintai Tuhan. Jadi pernyataan – pernyataan yang saudara baca sebelum dan pada akhir video bukanlah pernyataan yang sesuai dengan Firman Tuhan. Namun isi dari video yang akan saudara saksikan ini terus terang membuat saya sangat shock sekali.

Di Amerika ada sebuah gereja yang bernama Westboro Baptist Church (WBC) yang memiliki ideologi yang sangat ekstrim, terutama ketika bertentangan dengan masalah homoseksual. Gereja ini sepertinya menyebarkan ide kebencian… paling tidak itulah yang ditangkap oleh denominasi Kristiani lainnya maupun dari golongan yang non Kristen. Puji Tuhan sekarang gereja ini tidak ada hubungannya dengan Baptist World Alliance dan the Southern Baptist Convention. Untuk lebih lanjut saudara bisa baca sendiri melalui artikel – artikel di google maupun wikipedia. Keyword-nya: “Westboro Baptist Church”

Gereja Westboro - Pandangan Ekstrim - PenulisHidupku.Com - 2Hari ini kita akan membahas video di bawah ini dari sudut pandang Alkitab. Dan topik utamanya yang akan jadi sorotan kita adalah:

  1. Apakah yang gereja Westboro Baptist lakukan itu sepenuhnya benar ?
  2. Bagaimana sebaiknya reaksi kita terhadap mereka ?

Apel Yang Jelek - PenulisHidupku.Com - 1Bagaimana perasaan saudara setelah melihat video di atas ? Jika kebetulan saudara yang membaca tulisan ini bukan orang Kristiani, maka biarkan saya menjelaskan bahwa tidak semua umat Kristiani sama seperti mereka (gereja Westboro Baptist). Ada pernyataan yang mengatakan “just because there are a few bad apples, it doesn’t mean all apples are bad” (“hanya karena ada beberapa apel yang jelek, itu tidak berarti bahwa semua apel jelek”). Sebenarnya sebagai umat Kristiani kita harus mengakui bahwa ada gereja – gereja dengan pengajaran yang ekstrim seperti gereja ini. Saya sendiri pernah menemukan gereja seperti ini di Singapura… yang sangat ekstrim sehingga di media massa dikatakan sebagai “cult” maupun sesat. Namun sebagai anak – anak Tuhan kita jarang membicarakan gereja – gereja yang memiliki pengajaran menyimpang… karena sebagai umat Kristiani yang baik seringkali kita merasa topik ini terlalu sensitif.

Di dalam perkembangan dunia yang serba pesat dan terus menerus berubah, bukannya tidak mungkin jika suatu ajaran mulai bergeser maupun menyimpang. Namun puji Tuhan, ada satu yang tidak pernah berubah walaupun langit dan bumi akan lenyap.

Firman Tuhan - PenulisHidupku.Com - 1

Matius 24:35 – Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu

Jadi kita akan menggunakan perkataanNya (FirmanNya) Tuhan dari Alkitab. Dan sama seperti setiap tulisan yang dalam maupun serius saya harus tekankan bahwa saya bukanlah seorang ahli teologi, bukan seorang pendeta, maupun pakar dalam bidang ini… namun saya ingin membagikan apa yang saya tahu mengenai Firman Tuhan. Dan apa yang saya tahu tidaklah lengkap maupun sempurna. Tetapi semoga saudara sekalian yang membaca tulisan ini mendapatkan sesuatu yang positif. Marilah kita mulai perjalanan kita melihat ke dalam sebuah “uncomfortable truth” (kebenaran yang membuat kita tidak nyaman).

TOPIK 1: APAKAH YANG GEREJA WESTBORO BAPTIST LAKUKAN ITU SEPENUHNYA BENAR ?

Kebenaran adalah suatu kata yang mencangkup makna yang luas. Banyak orang di luar iman Kristiani mengatakan bahwa kebenaran itu adalah relatif. Namun di dalam konteks ini kita tidak akan berargumentasi secara filosofi mengenai kebenaran. Karena gereja Westboro juga mengimani Tuhan Yesus sebagai juru selamat maka sekali lagi saya tegaskan bahwa kita akan menggunakan basis yang sama… yakni kebenaran yang kita imani dari Alkitab.

1A. Pandangan Gereja Westboro Baptist Church Mengenai Dosa Homoseksual

Homoseksual - Gay - PenulisHidupku.Com - 1Di dalam interview video di atas dikatakan homoseksualitas adalah dosa. Dan mari kita lihat apa kata Alkitab.

Imamat 18:22 – “Janganlah engkau tidur dengan laki-laki secara orang bersetubuh dengan perempuan, karena itu suatu kekejian.”

Alkitab mengatakan perbuatan itu adalah kekejian kepada Tuhan… sama artinya dengan “kejijikan bagi Tuhan”.

Roma 1:18 – “Sebab MURKA ALLAH nyata dari sorga atas segala kefasikan dan kelaliman manusia, yang menindas kebenaran dengan kelaliman”

Salah satu kefasikan dan kelaliman manusia bisa dibaca di dalam:

Roma 1:27 – “Demikian juga suami-suami meninggalkan persetubuhan yang wajar dengan isteri mereka dan menyala-nyala dalam berahi mereka seorang terhadap yang lain, sehingga mereka melakukan kemesuman, laki-laki dengan laki-laki, dan karena itu mereka menerima dalam diri mereka balasan yang setimpal untuk kesesatan mereka.”

Di sini kita baca bahwa perbuatan homoseksual mendatangkan murka Tuhan. Wow… sungguh serius sekali. Untuk yang ini memang tidak perlu diperdebatkan secara alkitabiah.

Mengenai dosa homoseksual, secara Alkitabiah Gereja Westboro Baptist Church memang BENAR.

1B. Pandangan Gereja Westboro Baptist Church Bahwa Tuhan Membenci Orang Yahudi Maupun Amerika.

Tuhan Membenci Orang Yahudi - PenulisHidupku.Com - 2

Mengenai bangsa Israel (orang Yahudi) Alkitab menuliskan:

Ulangan 14:2 – sebab engkaulah (bangsa Israel / orang Yahudi) umat yang kudus bagi TUHAN, Allahmu, dan engkau (bangsa Israel / orang Yahudi) dipilih TUHAN untuk menjadi umat kesayangan-Nya dari antara segala bangsa yang di atas muka bumi.

Tuhan mengatakan bahwa Israel adalah umat kesayanganNya. Nah point pertama… secara logika… bisa gak kita mengaku mengasihi Tuhan kalau kita sendiri tidak mengasihi apa yang Tuhan kita kasihi ?

Point yang kedua… Tuhan sendiri berkata bahwa perkataanNya tetap.

Matius 24:35 – Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu

Dia bukan Tuhan yang seperti Romeo yang berkata “I LOVE YOU” kemudian puluhan tahun kemudian berkata kepada Juliet “WAIT WAIT… NOW YOU ARE NO LONGER ATTRACTIVE… I THINK I CAN NOT LOVE YOU”. Sekali Tuhan bicara bahwa orang Yahudi adalah umat pilihanNya maka sampai kepada kekekalan pernyataan itu akan tetap dan tidak akan pernah Ia cabut.

Yesus mengasihi semua orang - PenulisHidupku.com - 1

Nah kalau Tuhan tidak membenci orang Yahudi secara keseluruhan… orang seperti apa yang Tuhan benci ? Kita bisa temukan di dalam ayat berikut:

Mazmur 145:20 – “TUHAN menjaga semua orang yang mengasihi-Nya, tetapi semua orang fasik akan dibinasakan-Nya”

Tuhan akan membinasakan orang karena kefasikannya… bukannya karena ras atau kebangsaan maupun etnis tertentu. Jadi entah kita mau jadi orang Yahudi, orang Indonesia, China, India, Amerika, atau mau kulit kita merah, kuning, kelabu, merah muda, atau pun biru (seperti balonku ada 5)… ASALKAN KITA ADALAH ORANG FASIK… dan gak mau bertobat meskipun berkali kali diberikan kesempatan melalui kasih karuniaNya… kita pasti akan dibinasakan oleh Tuhan.

Tuhan Membenci Orang Fasik - PenulisHidupku.Com - 2

Pertanyaan: apakah Tuhan membenci semua orang Yahudi ?
Jawaban: TIDAK

Pertanyaan: apakah Tuhan membenci semua orang Amerika ?
Jawaban: TIDAK

Pertanyaan: apakah Tuhan membenci semua orang fasik (yang terus menerus memberontak dan gak mau bertobat) ?
Jawaban: YA

Jadi secara Alkitabiah pandangan gereja Westboro Baptist mengenai Tuhan membenci semua orang Yahudi maupun Amerika adalah SALAH.

1C.Gereja Westboro Baptist Bersuka Atas Kematian Tentara Amerika Karena Mereka Menentang Pemerintah Amerika

Tentara Amerika Yang Meninggal - PenulisHidupku.Com - 1

Bagi saya ketika saya melihat anggota gereja bersuka atas kematian tentara Amerika bahkan mereka berani demonstrasi saat jenasah dibawa… perbuatan mereka tidak menunjukkan kasih. Mereka tidak ada empati terhadap keluarga para tentara.

Markus 12:30-31 – “Kasihilah Tuhan, Allahmu dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu. Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini.”

1 Korintus 13:1-2 – “Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing. Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna.”

Yesus Mengasihi Anak Kecil - PenulisHidupku.Com - 1Mari kita lihat apa yang Tuhan lakukan ketika ia mengunjungi keluarga yang sedang dilanda duka.

Matius 9:21-24 “Ketika Yesus tiba di rumah kepala rumah ibadat itu dan melihat peniup-peniup seruling dan orang banyak ribut, berkatalah Ia: ‘Pergilah, karena anak ini tidak mati, tetapi tidur.’ Tetapi mereka menertawakan Dia.”

Memang di satu sisi Tuhan Yesus berbicara menggunakan iman bahwa anak ini akan bangkit kembali, tapi di sisi lain… Tuhan Yesus penuh dengan empati… semua orang tahu bahwa anak itu mati, tetapi Yesus tidak mau mereka tambah sedih. Bahkan kita baca orang malah menertawakan… bagi saudara yang pernah melihat dokumenter adat perkabungan orang Yahudi… bisakah saudara bayangkan orang bisa tertawa di dalam suasana seperti itu ? :-). Jadi di point yang pertama…Ini menunjukkan betapa Tuhan Yesus perduli dengan perasaan keluarga yang dilanda duka bahkan bisa buat orang – orang di sana melupakan kesedihan mereka hehehe.

Point yang kedua sehubungan Tuhan Yesus dengan pemerintah, dimana saat itu adalah jamannya Romawi… kita tidak menemukan satu ayat pun di Alkitab mengatakan Yesus menentang kekuasaan pemerintah.

Tanpa diperpanjang lebih lagi, perbuatan gereja Westboro Baptist yang bersuka atas kematian tentara Amerika karena mereka menentang pemerintah Amerika secara Alkitabiah adalah SALAH.

1D. Gereja Westboro Baptist Menggunakan Kata – Kata GO TO HELL (Pergi Ke Neraka)

Go To Hell - Pergi Ke Neraka Aje - PenulisHidupku.Com - 1Bagi saya mengatakan ke seseorang GO TO HELL (atau bahasa Indonesianya: Pergi Ke Neraka Aje) itu merupakan suatu bentuk penghakiman. Karena siapakah kita sampai kita bisa memakai hak eksklusifnya Tuhan sehubungan dengan kekekalan ?

Sebagai anak – anakNya kita harus menunjukkan kebenaran kepada orang – orang yang belum mengenal Tuhan, tapi ini harus diimbangi dengan hikmat, dan kita tidak boleh menghakimi.

Roma 14:10-12 – “Tetapi engkau, mengapakah engkau menghakimi saudaramu? Atau mengapakah engkau menghina saudaramu? Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Allah. Karena ada tertulis: “Demi Aku hidup, demikianlah firman Tuhan, semua orang akan bertekuk lutut di hadapan-Ku dan semua orang akan memuliakan Allah. Demikianlah setiap orang di antara kita akan memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah.”

Dan tahukan saudara bahwa kata GO TO HELL (pergi ke neraka aje) telah digunakan menjadi swear words sama seperti BITCH (yang arti sebenarnya adalah anjing betina). Karena GO TO HELL telah menjadi swear words yang umum… setiap kali diucapkan kepada orang lain baik Kristiani dan non Kristiani pasti akan membuat orang tersebut tersinggung atau mungkin bisa marah. Inilah lihainya si Iblis mempengaruhi kultur dan area linguistik kita. Hasilnya mungkin seseorang bermaksud baik ketika menginjili… tetapi setiap dia berkata …bla bla bla… terus diikuti dengan kata GO TO HELL… otomatis yang denger sudah memiliki mental block.

Selain itu mengatakan seseorang GO TO HELL… point blank… dan tanpa tujuan yang jelas tidak mencerminkan perbuatan kasih Yesus. Bagaimana kita bisa memenangkan jiwa mereka kalau kita membuat mereka tersinggung ? Sungguh tidak logis bukan ?

Yesus dan Zakheus - PenulisHidupku.Com - 1Kalau mau memenangkan jiwa… coba deh belajar dari Yesus. Saya angkat satu kisah saja… yakni Zakheus. Tuhan Yesus mau memenangkan jiwanya… dan apakah Tuhan Yesus berkata “Zakheus… you go to hell” ??? Coba deh kita baca.

Lukas 19:5 – “Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: “Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu.””

Guys… kita lihat Tuhan Yesus memenangkan jiwa dengan berfellowship dan memenuhi kebutuhan orang tersebut !!! Bukan dengan kata – kata GO TO HELL. Itulah penjangkauan yang efektif !!! Coba bayangkan orang pengikut gereja setan dikatain … you go to hell you go to hell… yah mereka juga bakalan bilang “so what ? nothing new to me” :-). Apakah kita memenangkan mereka bagi Tuhan ? Jadi buat apa kita ngatain orang lain GO TO HELL GO TO HELL kalau tidak ada tujuan yang jelas ?

Saya yakin orang yang sering ngatain orang lain GO TO HELL tanpa tujuan yang jelas suatu saat akan membayar ganjarannya.

Amsal 18:21 – “Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya.”

Jadi perbuatan anggota gereja Westboro Baptist memberondong orang – orang lain dengan kata – kata “GO TO HELL” secara Alkitabiah adalah SALAH.

Nah saudara kita sudah bahas sedikit… sebenarnya bisa panjang lebar… tapi bisa bikin kalian semua pusing bacanya hehehe. Tapi intinya dari segelintir Firman Tuhan yang ada, itu sudah cukup untuk membuktikan apa yang dilakukan oleh gereja Westboro Baptist tidak sepenuhnya benar. Ada topik – topik lain yang sebenarnya berhubungan dan bisa dikupas lebih lanjut… misalnya mengenai:

  • Hikmat
  • Buah – buah Roh
  • Dan lain sebagainya

Namun biarkanlah nanti kita bahas dalam tulisan yang terpisah. Atau kalau saudara tertarik untuk membahasnya, silahkan ditulis dalam blog kalian dan nanti saya taruh link-nya di sini.

TOPIK 2: APA REAKSI KITA TERHADAP MEREKA

Sebagai umat Tuhan kita harus ingat bahwa hukum yang terutama adalah kasih. Kita harus mendoakan dan mengasihi mereka. Tetapi kita jangan sampai ikut disesatkan. Seperti yang kita buktikan di atas… kita harus menguji segala sesuatu menggunakan Firman Tuhan. Dan di area yang ini ( kebenaran firman Tuhan) mereka yang boleh dikatakan memiliki pengajaran ekstrim sebenarnya cukup lemah. Karena kalau mereka baca Alkitab pasti cepat atau lambat akan mereka akan mempertanyakan doktrin mereka yang bertentangan dengan firman Tuhan.

Berdoa - PenulisHidupku.Com - 1

Dalam video itu Lauren berkata “kita tidak boleh mempertanyakan segala sesuatu”. Guys… itu adalah salah satu hints yang bisa kita pelajari dari Lauren. Kalau kita tidak boleh mempertanyakan berarti ada sesuatu yang salah atau mau ditutup – tutupi. Karena ingatlah bahwa kebenaran yang sejati itu tidak takut untuk diuji, tidak takut untuk dibuktikan, siap ditelanjangi, dan tidak ada hal yang diselubungi. Dan pengertian ini diterima secara universal dari segi filosofi mana pun.

Semoga dari tulisan ini yang sangat terbatas, kita semua bisa belajar bagaimana kita menggunakan firman Tuhan untuk meresponi segala sesuatu. Terpujilan namaNya dan Tuhan Yesus memberkati saudara :-).


Ditulis oleh Handy Tirta Saputra pada tanggal 31 Mei 2012.
Tidak ada hak cipta. Silahkan dikopi dan disebarluaskan demi kemuliaan namaNya.
Segala hormat, pujian, dan kemuliaan bagi Dia, Tuhan kita Yesus Kristus.
Untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran atas tulisan ini silahkan klik DI SINI.

Jika saudara diberkati dengan tulisan ini, mohon dibantu untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara mengklik FACEBOOK, TWITTER, atau media lainnya di bawah ini.

ARTIKEL LAIN YANG TERKAIT:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *