Sharing Dari Peter Zhao Mengenai NEW WAVE (Gelombang Baru)

Handy Tirta Saputra - Peter Zhao Xiao - FGBMFI World Convention 2012 - PenulisHidupku.Com - 1

Handy Bersama Dengan Peter Zhao Xiao

Peter Zhao adalah seorang pakar ekonomi di China yang dihormati dan sering memberikan nasehat kepada perdana menteri China. Dalam konvensi dunia FGBMFI 2012 di Bali, beliau membahas topik mengenai NEW WAVE (gelombang baru).

PANDANGAN GEREJA MENGENAI GELOMBANG BARU

Setelah Yesus naik ke surga, mulai lah terbentuk komunitas orang – orang percaya yang kemudian disebut sebagai gereja. Mulai dari jaman para rasul sampai dengan jaman raja Konstantin, itu disebut sebagai masa gereja mula – mula. Dan dari seluruh sejarah gereja, saat itulah kondisi gereja yang paling ideal sesuai dengan ajaran Tuhan Yesus Kristus. Saat itulah yang disebut sebagai gelombang pertama.

Setelah Konstantin mendirikan negara Kristen, banyak terjadi perubahan dalam agama Kristiani. Terjadinya suatu kemacetan / stagnasi perkembangan rohani dan kecenderungan gereja untuk keras kepala. Hal ini terus berlangsung sampai ke abad 16, ketika Martin Luther dan Calvin mengadakan suatu reformasi. Mereka memperkenalkan doktrin baru, yakni keselamatan berdasarkan iman (salvation by faith). Dan saat itulah terjadi gelombang yang kedua.

Salah satu hasil dari gelombang kedua tersebut adalah terlahirnya negara Amerika yang dibentuk berdasarkan asas – asas Kristen Protestan. Dan dalam tubuh gereja terjadilah beberapa gerakan pembaharuan, seperti gerakan karismatik, pujian penyembahan, dan pelayanan 5 jabatan. Walau demikian apa yang Martin Luther lakukan tidaklah cukup untuk mengembalikan gereja kepada keadaan seperti gereja mula – mula. Dunia membutuhkan gelombang baru.

PANDANGAN GELOMBANG BARU DARI LUAR GEREJA

Gelombang - PenulisHidupku.Com - 1

Gelombang pertama: penginjilan negara Barat.

Pada abad 1 – 4 injil diberitakan dari Timur ke Barat. Negara – negara di Eropa adalah yang mayoritas pertama kali menerima Kristus. Pada abad ke 16, melalui penjelajahan samudera dan kolonialisasi, Amerika Utara menerima Kristus. Ada pun karakter dari gelombang pertama ini adalah:

  • Penginjilan dipimpin oleh orang – orang Barat
  • Penginjilan dibawah pengaruh kuat Roma
  • Fokus daerah adalah di wilayah Amerika dan Eropa
  • Terjadinya penyatuan budaya Yunani dan Ibrani.

Gelombang kedua: Korea, Singapura, Amerika Latin, Afrika Selatan.

Gelombang ini terjadi dalam dekade – dekade sebelumnya. Di negara – negara yang sedang berkembang. Dan kita melihat bagaimana Tuhan melawat negara – negara tersebut sehingga perekonomian negara – negara tersebut berkembang dan dari sana Injil diberitakan dan disebarkan.

Gelombang ketiga: injil kembali ke Timur (Asia), dan ada 3 negara yang akan berperan penting: China, Indonesia, dan India.

Indonesia akan menjadi pasukan komando (khusus), yang akan memberikan terobosan penginjilan. Sementara China akan menjadi pasukan utama dengan jumlah yang besar. Pertumbuhan ekonomi China adalah 2 digit setiap tahunnya. Jumlah umat Kristiani ang tercatat pada tahun 1990 adalah 1/2 juta jiwa. Dan pada tahun 2010 angka tersebut melonjak ke 100 juta jiwa. Itu artinya 7.7% dari populasi orang di China percaya kepada Tuhan Yesus Kristus. India sendiri mencatat 3-5% dari penduduknya beriman kepada Tuhan Yesus Kristus.

Jika diperhatikan ketiga negara ini (China, Idnonesia, dan India) memiliki keunikan tersendiri dan mewakili ras terbesar di dunia. Jumlah orang Indonesia adalah hampir 300 juta jiwa. Sementara China 1.4 milyar jiwa, dan India 1.2 milyar jiwa. Pada tahun 2012 populasi dunia telah mencapai 7 milyar jiwa.

Dalam gelombang ketiga ini akan terjadi gelombang raksasa (Tsunami). Gelombang ini akan melahirkan integrasi budaya baru. Roh Kudus akan memasuki kebudayaan manusia di bumi ini. Ada pun terobosan dari gelombang baru itu adalah sebagai berikut:

  • Indonesia akan memimpin transformasi global terutama di negara – negara yang masih belum banyak orang yang percaya kepada Tuhan Yesus.
  • Orang – orang China akan kembali kepada Kristus. Tongkat penginjilan diserahkan kepada etnis China. Dan injil akan tersebar melalui 3 rute, yakni jalur sutera utara (xinjiang) sampai ke Yerusalem, jalur sutera selatan (sichuan) menuju nepal, India lalu ke Yerusalem, dan melalui samudera: Jawa – Hindia, terus Afrika dan negara – negara Arab, hingga sampai ke Yerusalem. Bukanlah suatu kebetulan bahwa Xinjiang telah dipilih oleh pemerintah China untuk menjadi daerah perkembangan ekonomi. Tuhan sedang mempersiapkan infrastruktur di xinjiang untuk pengembangan injil. Juga karena gempa di Sichuan, sekarang banyak gereja memasuki kawasan ini.

MELIHAT PERAN SERTA CHINA

Bendera China - PenulisHidupku.Com - 1

Secara keseluruhan China adalah negara yang sangat rumit:

  1. Ekonomi mengalami peningkatan eksponensial selama 3 dekade terakhir.
  2. Penduduknya menikmati kelimpahan materi terbesar dalam sejarah China, dan melahirkan generasi dengan pola pikir terbuka (open minded). Sekarang China memiliki jauh lebih banyak kebebasan dalam hal ekonomi, partisipasi sosial, politik, menyatakan pendapat, dan juga dalam hal keagamaan.
  3. Namun China juga menderita polusi lingkungan yang sangat besar. 16 dari 20 kota terpolusi di dunia berada di China.
  4. Kontribusi GDP China di dunia adalah 10%, namun konsumsi bahan baku (raw material) China adalah 50% konsumsi dunia. 40% konsumsi bahan tambang dunia juga dari China.
  5. Antara 1980 hingga 2011, GDP China meningkat 35 kali lipat, dengan supplai uang meningkat lebih dari seribu kali lipat. Pada tahun 2011, jumlah uang yang diproduksi di China adalah setengah (50%) dari jumlah uang yang diproduksi dunia.
  6. Namun China tidak terlepas dari kesenjangan sosial. 40% kekayaan di China dimiliki oleh 1% populasi.
  7. Korupsi juga merajalela. Diperkirakan 1.9 trilyun RMB digunakan untuk membiayai hiburan para pejabat.

Tahun 2013, ekonomi dunia diperkirakan akan mengalami badai yang sempurna (perfect storm) karena Amerika memiliki masalah tingginya konsumsi, Eropa sedang berada di dalam hutang, dan China pun memiliki beberapa masalah internal. Walau demikian keadaan China masih lebih baik karena adanya konsumsi internal yang kuat. Untuk jangka panjangnya China tetap tempat yang baik untuk investasi. Pada tahun 2020, diperkirakan bahwa GDP China akan melewati Amerika. Dan pada tahun 2030, daya beli China sama dengan gabungan daya beli Amerika dan Eropa.

Masalah yang saat ini China hadapi:

  • Reformasi ekonomi telah mencapai titik stagnan. Perdana menteri China telah berbicara di depan dewan bahwa pertumbuhan ekonomi sudah mencapai titik maksimum dan tidak bisa lebih tinggi lagi, kecuali terjadi reformasi politik.
  • Reformasi kebudayaan mungkin akan terjadi lagi.

Saat ini adalah saat terbaik untuk China dari segi ekonomi, namun juga merupakan saat terburuk dari segi sosial budaya. Satu hal yang pasti adalah CHINA MATANG UNTUK INJIL. Urbanisasi dan industrialisasi akan terus terjadi sampai kepada tahun 2030. Penuaian jiwa – jiwa akan terus terjadi. Dan targetnya pada tahun 2030 adalah 30% penduduk China percaya kepada Tuhan Yesus, sehingga memiliki voting power. Untuk kegerekan ini Tuhan sedang mencari orang – orang yang berkualitas.

PANGGILAN UNTUK TERLIBAT DALAM GELOMBANG BARU

Menjangkau Dunia - PenulisHidupku.Com - 1

Saat ini hampir 90% penduduk dunia bekerja sebagai karyawan atau pekerja. Orang yang duduk di bangku pemerintahan (politikus) dan dunia bisnis (pengusaha) adalah raja – raja di jaman ini. Sebagai pengusaha, kita harus menciptakan perusahaan kerajaan Allah.

Sejak tahun 1900, pertumbuhan umat Kristen di dunia mengalami penurunan, dari 34% menjadi 23% pada tahun 2000. Saat ini jumlah misionaris per kapita adalah 40,000 : 1, yang berarti satu misionaris untuk 40,000 jiwa. Saat ini jumlah dana untuk misionaris adalah hanya 25 sen USD perkapita. Ini adalah jumlah yang amat sangat sedikit.

Dibutuhkan perusahaan kerajaan Allah yang berfokus kepada memenangkan jiwa – jiwa dan bersedia menopang penyebaran Injil ke seluruh dunia. Marilah kita semua ikut terlibat di dalam gelombang ini. Terpujilah nama Tuhan !


Diambil dari Konvensi Dunia Full Gospel Business Men Fellowship International 2012 di Bali pada tanggal 27 Juli 2012.
Segala hormat, pujian, dan kemuliaan bagi Dia, Tuhan kita Yesus Kristus.
Untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran atas tulisan ini silahkan klik DI SINI.

Jika saudara diberkati dengan tulisan ini, mohon dibantu untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara mengklik FACEBOOK, TWITTER, atau media lainnya di bawah ini.

ARTIKEL LAIN YANG TERKAIT:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *