Uji Kompetensi Jokowi (Joko Widodo) dan Ahok (Basuki Tjahaja Purnama)

Joko-Widodo-Jokowi-dan-Basuki-Tjahaya-Purnama-Ahok-PenulisHidupku.Com-1

Calon gubernur DKI, pasangan Jokowi – Ahok

Demikian adalah beberapa video yang bisa menunjukkan kompetensi pak Jokowi dan Ahok untuk pemilihan gubernur DKI Jakarta.





Sepertinya memang interview di atas sedikit berat sebelah, dan menyudutkan Jokowi. Pihak yang bertanya kerap kali memotong pembicaraan pak Jokowi, namun memberikan perlakuan yang berbeda terhadap pak Foke. Namun mari kita perhatikan reaksi Jokowi. Satu hal yang saya perhatikan Jokowi tampil apa adanya dengan bahasa yang sederhana dan mudah mengerti. Pak Joko Widodo tidak menyebarkan pesona karisma seperti Foke yang tampil dengan figur kebapakan dan begitu sabar. Beliau berfokus kepada permasalahan yang ada secara obyektif dan berdasarkan data – data yang telah dikumpulkan.

Pak Foke menjelaskan program – program yang telah dilakukan… namun permasalahannya yah sangat sederhana: kok belum kelihatan ? atau kenapa banyak masyarakat tidak mengetahui adanya kemajuan ? Tidak dapat dipungkiri memang dari masa pemerintahan Foke di Jakarta ada hasilnya, namun pertanyaannya apakah sudah diambil tindakan yang sigap, tepat, dan diprioritaskan terhadap masalah utama di DKI Jakarta sehubungan dengan banjir dan kemacetan. Dari segi pendanaan transportasi umum pihak Foke bergantung kepada pinjaman (ngutang) dari luar, dan menurut saya pendanaan seperti ini mengundang potensi terjadinya praktek – praktek korupsi. Menurut saya lucu… kok baru sekarang di akhir periode pemerintahan Foke atas Jakarta, dana dari investor luarnya baru didapat ? Ini ada 2 pandangan: entah dibutuhkan waktu yang sebegitu lamanya untuk ngomongin bagi hasil ATAU ini adalah tindakan “last minute” yang terburu – buru diselesaikan.

Saya berharap jika pak Jokowi terpilih jadi gubernur DKI, beliau akan membatalkan pinjaman dari luar tersebut. Saya setuju dengan Jokowi yang berkeyakinan bahwa dana dari Jakarta itu CUKUP untuk pembangunan Jakarta sampai tahun – tahun ke depan. Jakarta sebagai ibu kota harus mencerminkan semangat mandiri. Kalau kita perlu mengikat pinggang, marilah kita lakukan itu daripada kita berhutang kepada orang lain. Pihak Jokowi juga menegaskan bahwa fokusnya adalah pembaharuan manajemen dan beliau bersedia turun langsung ke lapangan sehingga keseriusan dan sense of urgency terasa oleh semua pihak yang terlibat. Jakarta membutuhkan solusi segera, jika tidak masalah akan terus – menerus berguling dan bertambah besar.


Pendamping pak Jokowi adalah bung Ahok, yang menurut saya juga tidak kalah briliannya. Demikian adalah beberapa cuplikan video mengenai beliau.



Saya mendukung Jokowi dan Ahok. Mengapa mereka bisa menang pada putaran pertama ? Menurut saya karena masyarakat Jakarta sudah semakin bertambah pandai dan mereka sudah merasa cukup bersabar menerima permasalahan di ibukota yang begitu menggunung. Baru – baru ini saya pergi ke Bali dan sungguh saya merasakan sangat nyaman di sana. Saya hanya bisa bergumam kapan Jakarta bisa seperti di Bali. Saya percaya figur orang yang rendah hati, sederhana, namun tajam dengan solusi terhadap Jakarta adalah orang yang layak dipercayai untuk memimpin kota Jakarta. Saya tinggal di Singapura, namun saya akan kembali ke Jakarta pada pemilihan putaran kedua untuk menyumbangkan suara saya kepada Jokowi dan Ahok. Jakarta dan Indonesia bagi kemuliaan Tuhan kita yang Esa !


Ditulis oleh Handy Tirta Saputra pada tanggal 9 Agustus 2012.
Untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran atas tulisan ini silahkan klik DI SINI.

Jika saudara diberkati dengan tulisan ini, mohon dibantu untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara mengklik FACEBOOK, TWITTER, atau media lainnya di bawah ini.

ARTIKEL LAIN YANG TERKAIT:

One thought on “Uji Kompetensi Jokowi (Joko Widodo) dan Ahok (Basuki Tjahaja Purnama)

  1. Pemimpin DKI baru sudah ditahbiskan. Menang-kalah tak perlu lagi jadi masalah.
    Selamat buat pejabat baru, semoga amanat pilihan rakyat mampu dilaksanakan dengan teguh dan janji-janjinya terealisasi.
    Hidup Rakyat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *