Apa Salahnya Berdoa Bagi Pastor Kong Hee ?

Kong Hee - PenulisHidupku.Com - 3Beberapa hari yang lalu, gua berbincang – bincang dengan seseorang teman. Dia berkata begini “gua tidak akan berdoa untuk pastor Kong Hee (yg sedang dalam proses persidangan), tetapi gua akan berdoa bagi orang – orang Kristen di Singapura supaya iman mereka dikuatkan” dan kemudian teman gua ini minta pendapat dari gua. Gua hanya bisa termenung sebentar dan gua berkata kepadanya “gua akan tetap berdoa bagi pastor Kong Hee“. Teman gua ini kemudian mengerutkan dahi dan menatap gua seakan – akan kurang senang. Dia berkata “tapi kan pastor Kong Hee sudah jelas – jelas salah”. Jawab gua “yang itu gua gak tahu, dan lagi pula proses persidangan juga masih berlangsung”.

“Tapi… sekalipun seseorang (siapa saja) melakukan kesalahan… apa yang salah kalau kita berdoa bagi dia ? Apakah Firman Tuhan berkata kita tidak boleh mendoakan orang – orang seperti itu ? Apakah dengan berdoa bagi orang tersebut kita juga menjadi orang yang salah ?” tambah gua. Teman gua hanya bisa diam dan berpikir. Akhirnya dia pun mengangguk – ngangguk. Gua bilang kepada dia bahwa sebagai umat Kristiani kita harus bisa berani beda asalkan itu adalah kebenaran dari Firman Tuhan, kita gak perlu mengikuti arus yang salah. Kalau misalnya anggota keluarga kita sendiri melakukan suatu kesalahan dan harus masuk persidangan, terlepas dari benar atau salahnya bukankah kita juga akan berdoa  bagi dia untuk jalan yang terbaik dari Tuhan ?

Kita adalah tubuh Kristus. Dunia mengetahui kita adalah pengikutNya ketika melihat kita saling mengasihi… bukan saling menghakimi. Gua tidak buta membela pastor Kong Hee apakah dia benar atau salah. Sekali lagi gua bener – bener gak tahu menahu soal itu karena gua gak punya bukti – buktinya, namun apa yang bisa gua berikan saat ini adalah berdoa bagi dia… karena dia adalah bagian dari tubuh Kristus. Sungguh gua merasa kasihan dengan banyak orang yang mengaku dirinya anak – anak Tuhan tetapi ternyata sikapnya sama dengan ahli – ahli Farisi… yang fokusnya menghakimi saja.

Mengapa kita tidak bisa memiliki kasih Yesus terhadap saudara seiman kita ? Bagaimana bisa memenangkan banyak jiwa bagi Dia kalau perkarangan rumah kita sendiri aja belum beres ? Kalau kita bisa berdoa bagi jiwa – jiwa yang belum kenal Kristus dengan cucuran air mata seharusnya kita bisa melakukan hal yang sama bagi saudara seiman kita yang sedang dilanda kesusahan, terlepas dia benar atau salah. Bukankah harusnya demikian ?


Ditulis oleh Handy Tirta Saputra pada tanggal 16 Agustus 2012.
Segala hormat, pujian, dan kemuliaan bagi Dia, Tuhan kita Yesus Kristus.
Untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran atas tulisan ini silahkan klik DI SINI.

Jika saudara diberkati dengan tulisan ini, mohon dibantu untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara mengklik FACEBOOK, TWITTER, atau media lainnya di bawah ini.

ARTIKEL LAIN YANG TERKAIT:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *