Selesai Sampai Ke Garis Akhir – Oleh Pdt. Petrus Agung

Petrus Agung - PenulisHidupku.Com - 1jpg

Shallom saudara – saudari yang terkasih,

Pada kesempatan ini saya ingin membagikan melalui kesaksian mengenai cara berdoa yang disukai oleh Bapa di surga ketika kita sebagai anak – anakNya mengalami sakit – penyakit. Apa yang saya bagikan bukanlah sebuah mantra, melainkan bertujuan supaya saudara mendapatkan pengertian yang semakin dalam mengenai pribadi Bapa yang begitu luar biasa dan menaruh harapan hanya kepadaNya.

Suatu hari Sabtu, sehabis kebaktian anak muda, tiba – tiba seorang teman menelpon saya dan berkata ada seorang guru dari sekolah kami sudah masuk ICU di rumah sakit dan sedang dalam keadaan yang sangat kritis. Memang sejak lahir guru ini sudah memiliki kelainan jantung. Saat itu dokter sudah berkata agar keluarganya dikumpulkan, sebab sang guru hanya bisa bertahan dalam hitungan jam, dan malam itu ia pasti meninggal. Sahabatnya menceritakan itu semua kepada saya sambil menangis – nangis melalui telepon.

Saat itu saya dalam posisi tidak bisa datang ke rumah sakit karena ada beberapa hal urusan. Teman saya bertanya apa yang harus kita lakukan, dan detik itu saya berdoa kepada Tuhan dalam hati “orang sudah seperti ini harus ngapain? Apakah sudah waktunya dia pulang ke rumah Bapa atau bagaimana ?“. Roh Kudus kemudian berbisik di dalam hati saya “sebenarnya anak ini belum waktunya pulang secara sempurna“. Kita diciptakan oleh Tuhan memiliki jiwa, roh, dan tubuh. Sekalipun jiwa dan roh kita dalam keadaan baik, kalau tubuh kita gagal maka kita tetap akan meninggal.

Saya kemudian bertanya kepada Roh Kudus mengenai apa yang harus saya lakukan. Dan Dia kemudian mengingatkan saya mengenai pesan yang telah Ia ajarkan selama bertahun – tahun, yakni agar kita semua menyelesaikan tugas sampai kepada garis akhir. Apabila doa tersebut dinaikan dengan kerinduan hati kita yang terdalam maka Bapa akan sangat disenangkan.

Setiap dari kita memiliki tujuan hidup yang dirancangkan oleh Tuhan. Sama seperti perasaan orang tua yang menginginkan anak – anaknya untuk menyelesaikan sekolah sampai tuntas, demikian pula Bapa di surga sangat suka ketika anak – anakNya memiliki kerinduan untuk menyelesaikan tugas – tugas mereka dalam hidup ini (tujuan hidup) sampai ke garis akhir.

Saat itu sang guru sedang dalam keadaan koma, dan saya minta telepon diletakan di dekat telinganya. Saya me manggil namanya dan kemudian berkata kepadanya “kamu sekarang berdoa, kamu masih kepingin hidup atau pulang sekarang. Kalau kamu mau pulang yah pulanglah dalam nama Tuhan Yesus, tetapi kalau kamu masih ke pingin hidup, kamu ngomong sama Bapa di Surga dan bilang kalau boleh biarkan aku menyelesaikan tugasku sampai ke garis akhir“.

Saya kemudian mengakhiri doa tersebut, dan guru itu juga tidak berkata “amin“ karena sedang koma. Besok paginya saya dikabari bahwa begitu selesai berdoa, keadaan sang guru ini langsung membaik. Dalam waktu kurang dari sejam ia kemudian sadar. Dokter kebingungan dan dicek semua kesehatannya membaik. Keesokannya dia sudah dipindahkan dari ICU untuk tinggal di kamar biasa. Dan satu hari kemudian dia sudah diperbolehkan pulang ke rumahnya. Sampai hari ini dia masih hidup dan kejadian ini terjadi sekian tahun yang lalu.

Bagi saya ini sesuatu yang sangat ajaib. Dan saya me ngalami hasil dari doa seperti ini berkali – kali. Apakah semuanya hidup ? Dalam hitungan saya 99% mengalami kesembuhan. Dan yang 1% itu menurut saya karena memang sudah waktunya ia selesai.

Suatu hari seorang bayi yang baru lahir dibawa ke gereja kami mengalami masalah kalau tidak salah di pankreas nya. Dokter berkata ini masalah bawaan dan ini harus dibawa ke Singapura untuk dioperasi. Dikatakan biasanya biayanya 1 milyar rupiah. Namun keluarga ini adalah keluarga yang miskin dan tidak mampu untuk berobat ke luar negeri. Bayi tersebut masih berumur 3 hari, dan melihatnya hati saya sungguh merasa tidak tega.

Hari itu kita semua berdoa sama – sama. Saya gendong anak itu dan saya hadapkan ke Tuhan. Saya bilang “Tuhan masa hanya dua tiga bulan rancanganMu atas hidup bayi ini ? Masa Engkau tidak mempunyai rencana ajaib buat hidup anak ini ?“ Dan saya kemudian ucapkan doa yang sama seperti dalam kesaksian sebelumnya.

Sekali lagi saya ingin tekankan bahwa Bapa di surga sangat suka ketika kita rindu menyelesaikan tujuan hidup kita sampai ke garis akhir. Dan saudara bisa saksikan sendiri bagaimana Bapa kita itu bertanggung jawab luar biasa. Sampai hari ini anak itu masih hidup dan dokter sudah menyatakan sembuh total.

Seorang anak kecil lain mengalami kanker dan saya diberitahu ketika saya seminar di Jakarta bahwa anak itu juga telah disembuhkan setelah menaikkan doa yang sama. Siapa yang menyembuhkan ? Tuhan tentunya. Bagian saya hanyalah mengajarkan apa yang Tuhan telah ajarkan kepada saya dan kini saya sampaikan itu semua kepada saudara.

Bagi saudara – saudari terkasih yang sedang bergumul dengan sakit penyakit, saya ingin mengatakan bahwa selalu ada pengharapan di dalam Tuhan. Mari kita belajar berdoa kepada Tuhan untuk tanya apakah tugas kita sudah selesai atau belum. Tentunya kita harus menghormati Dia pemilik hidup ini sepenuhnya dan tidak bisa ngotot memaksakan kehendak kita kepadaNya seandainya Dia menyatakan bahwa tugas kita sudah selesai.

Kalau betul tugas kita belum selesai, maka mari kita meminta dengan bersungguh – sungguh agar kesembuhan dan pemulihan boleh terjadi, sehingga saudara – saudari yang sakit bisa menyelesaikan tujuan hidup sampai kepada garis akhir. Pasti saudara – saudari akan mengalami sesuatu yang ajaib ! Kemuliaan bagi Allah Bapa kita di surga.


Terima kasih kepada bapak Pdt. Petrus Agung atas sharingnya.
Artikel ini juga dimuat di dalam tabloid SOS (Sahabat Orang Sakit) edisi 2. Tabloid tersebut bisa didownload secara percuma DI SINI
Segala hormat, pujian, dan kemuliaan bagi Dia, Tuhan kita Yesus Kristus.
Untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran atas tulisan ini silahkan klik DI SINI.

Jika saudara diberkati dengan tulisan ini, mohon dibantu untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara mengklik FACEBOOK, TWITTER, atau media lainnya di bawah ini.

ARTIKEL LAIN YANG TERKAIT:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *