Mempergunakan Kebebasan Yang Tuhan Berikan

Burung di Dalam Sangkar - PenulisHidupku.Com - 1

Banyak orang mengatakan bahwa negara Amerika Serikat adalah “the land of freedom” (tanah kebebasan), dimana seluruh sistem dan tata kenegaraan-nya menjunjung tinggi nilai – nilai kebebasan. Itu sebabnya hal – hal seperti freedom of speech (kebebasan untuk mengutarakan pendapat) dan freedom of expression (kebebasan untuk mengekspresikan diri) terlihat begitu kental di dalam media massa di sana.

Hari ini saya merenungkan mengenai KEBEBASAN yang Tuhan berikan kepada setiap dari kita. Tuhan tidak pernah memaksa kita untuk berdoa, bahkan Dia tidak pernah memaksa kita untuk taat kepadaNya. Dia memberikan kita kehendak bebas untuk mengambil keputusan, dan juga kesempatan untuk menanggung akibatnya. Lawan dari kebebasan alah PENGEKANGAN / PAKSAAN. Itulah sebabnya kebebasan yang sejati tidak pernah dipaksakan.

Walau demikian melalui surat – surat cinta-Nya, Dia mengungkapkan kerinduanNya untuk melihat kekasih – kekasihNya untuk datang mendekat kepadaNya secara sukarela. Di sinilah salah satu perbedaan besar antara kasih kita sebagai manusia, dan kasihNya Tuhan. Sebagai manusia kita cenderung berkata “gua dapat apa dari ini semua”, sementara Tuhan selalu ingin memberi tanpa mengharapkan balasan…karena itu adalah bagian dari karakter ilahiNya.

Pada hari yang indah ini, marilah kita semua bersyukur atas kebebasan yang telah Tuhan berikan kepada setiap dari kita, dan mempergunakannya untuk datang mendekat kepadaNya. Berdoa, merenungkan Firman-Nya, bersaksi, bersekutu, menyembah, memuji, dan hal – hal rohani lainnya adalah beberapa bukti / hasil bahwa kita mendekatkan diri kepadaNya. Teruskanlah membangun hubungan tersebut karena di sanalah terletak kebebasan yang sejati.


Ditulis oleh Handy Tirta Saputra pada tanggal 3 November 2012.
Segala hormat, pujian, dan kemuliaan bagi Dia, Tuhan kita Yesus Kristus.
Untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran atas tulisan ini silahkan klik DI SINI.

Jika saudara diberkati dengan tulisan ini, mohon dibantu untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara mengklik FACEBOOK, TWITTER, atau media lainnya di bawah ini.

2 thoughts on “Mempergunakan Kebebasan Yang Tuhan Berikan

  1. Yesus bilang,
    Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: “Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.”

    Saya jadi ingat pertanyaan pilatus ke yesus, di film, passion of christ,

    Apa itu kebenaran?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *