Tips Cepat Cara Main COC (Clash Of Clans) Tanpa Pakai Bayar Uang – Bagian 1

Clash of Clans COC - PenulisHidupku.Com - 1

Gua main COC di iPad sejak Desember 2012, tetapi pada pertengahan 2013 gua berhenti, dan baru pada bulan Juni 2014 setelah lebih dari setahun gua mulai main kembali karena sekarang sudah ada clan war yang bener – bener bikin seru. Teman – teman gua yang terus main sudah tinggi levelnya, namun berkat pertolongan dari senior di clan gua seperti Effendy Pong, Ricardo, dan lainnya gua bisa mulai mengejar ketinggalan. Hasilnya juga tidak mengecewakan, dan yang pasti sangat menyenangkan.

Dalam kesempatan ini gua ingin membagikan apa yang gua pelajari yakni bagaimana cara cepat main COC (Clash of Clans) dan semoga bisa bermanfaat bagi teman – teman yang baru saja mulai bermain. Tanpa panjang lebar, langsung saja gua bagikan tipsnya.

1. Harus agresif
Game ini dirancang sedemikian sehingga cara tercepat untuk mendapatkan gold dan elixir terbanyak adalah dengan cara menyerang. Karenanya sejak awal para pemain dianjurkan untuk terus menyerang pemain lain. Jangan terlalu pusing dengan turunnya nilai trophy (piala) karena yang terpenting kita mendapatkan gold dan elixir yang banyak. Tetapi jangan asal menyerang. Kita harus hitung juga biaya elixir yang kita habiskan untuk membangun pasukan, dan pastikan hasil jarahan kita itu lebih besar daripada modal yang kita habiskan. Baru dengan demikian bisa dikatakan hasil serangan kita SURPLUS. Kemudian ulangi sesering mungkin, dan niscaya deh hasilnya dalam sehari akan banyak sekali.

2. Gunakan sumber daya dengan tepat
Setelah kita dapat uang dan elixir hasil jarahan, segera pakai elixir untuk upgrade kualitas pasukan terutama BARBARIAN, ARCHER, dan GIANT. Sementara gold kita pakai yang terutama adalah untuk upgrade MORTAR dan AIR DEFENSE. Tembok (wall) tidak perlu yang terlalu tinggi pada awalnya karena percuma saja kalau kita berhadapan dengan musuh yang punya hog war atau jump spell.

3. Mengetahui sifat dari setiap unit yang ada
Setiap unit memiliki sifat yang berbeda. 2 hal yang perlu diperhatikan. Yang pertama unit tersebut bisa melukai target air (udara) atau ground (darat). Yang kedua target apa kesukaan unit tersebut (misalnya giant sukanya unit defense, archer suka apa saja, dsb). Dari sana kita bisa tentukan strategi penyerangan yang tepat.

4. Strategi penyerangan 1: mencari celah musuh
Setiap benteng pertahanan musuh selalu ada celahnya. Perhatikan unit defense yang sedang diupgrade karena mereka sama sekali tidak bisa dipakai, kemudian perkirakan jarak (range) tembakan dari unit defense musuh. Banyak elixir collector dan gold mine berada di luar perlindungan defense unit, jangan disia – siakan untuk diserang.

5. Strategi penyerangan 2: gunakan barbarian, archer, giant, dan wall breaker
Barbarian berguna sebagai bumper, dan akan dihajar oleh defense musuh. Setelah barbarian gunakan archer. Untuk menjebol tembok musuh gunakan giant. Setelah giant maju, semua defense unit akan menyerang giant, saat itu kita tambah lagi barbarian dan archernya. Setelah giant ada di tembok, gunakan wall breaker untuk menjebol temboknya.

6. Strategi defense 1: mengetahui sumber daya apa yang harus dilindungi
Dalam game COC, sumber daya yang paling mahal adalah dark elixir, kemudian elixir biasa, dan yang terakhir adalah gold. Karenanya pastikan dark elixir storage diletakkan di tengah benteng pertahanan kita.

7. Strategi defense 2: jarak antara defense unit sebaiknya rapat
Sebisa mungkin defense unit jangan berserakan karena kalau terpisah mereka kurang kuat. Tetapi kalau mereka berdekatan serangan mereka sangat terkonsentrasi dan mematikan.

8. Latihan latihan latihan
Terus latihan menyerang lawan. Cepat atau lambat kita akan mengerti cara menyerang yang baik.

9. Masuk dalam clan (komunitas) yang baik
Cari clan dari Indonesia, yang kebanyakan terdiri dari orang – orang yang mau mengajarkan para pemula. Gua sendiri bergabung dengan clan yang namanya INDO45 ALLIANCE. Clan Tag-nya: #20LUOVV8. Syarat masuk: minimal TH8, aktif, berbahasa Indonesia, sopan, kompak, dan kalau mau daftar jangan pas clan war (Jumat dan Senin) karena kita semua sibuk untuk atur strategi serang menyerang. Orangnya hebat – hebat, sopan, ramah, dan mau mengajarkan. Kita juga ada acara ketemuan padahal anggotanya dari kota – kota yang berbeda. Yang pasti kompak banget deh. Setelah join share hasil serangan maupun defense kita dan mereka akan memberikan masukan yang berguna sehingga strategi kita menjadi lebih matang.

Demikian tips cepat cara main COC cepat tanpa bayar uang bagian pertama (pemula). Untuk bagian kedua (menengah) akan gua tulis beberapa waktu kemudian. Untuk berteman dengan gua di game centre: HANDYBIZ.

Semoga berguna ya 🙂

Tulisan kelanjutan (Tips Cepat Cara Main COC (Clash Of Clans) Tanpa Pakai Bayar Uang – Bagian 2): ADA DI SINI

Add TWITTER: @HandyTirta


Untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran atas tulisan ini silahkan klik DI SINI.

Jika saudara diberkati dengan tulisan ini, mohon dibantu untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara mengklik FACEBOOK, TWITTER, atau media lainnya di bawah ini.

Share on Twitter

12 thoughts on “Tips Cepat Cara Main COC (Clash Of Clans) Tanpa Pakai Bayar Uang – Bagian 1

  1. gan,ane TH 9 full defend dan full pasukan…wall masih lvl 8….
    menurut agan lebih baik naik ke TH 10 apa upgrade wall dulu sampe lvl 10…

    klo di tropi tinggi farming apa nyerang lwt udara ya?

    mohon bantuan nya…

    • naik aja ke TH 10 gak perlu tunggu tinggiin wall sampe ke level 10.

      kalau farming itu paling enak di leage gold 1,2,3. tapi kalau mau di leage tinggi spertinya mesti modal gede. terserah pake udara boleh. kombinasi balon lvl 6 dan minion cukup murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *