Tips Cepat Cara Main COC (Clash Of Clans) Tanpa Pakai Bayar Uang – Bagian 2

Clash Of Clan - COC Dragon - Naga - PenulisHidupku.com - 2

Kali ini saya akan melanjutkan tulisan saya mengenai cara cepat main COC (Clash Of Clans) tanpa pakai bayar uang, dan semoga bisa bermanfaat.

Seperti kita ketahui, game COC ini banyak diminati oleh para mobile gamers, dan kemana – mana saya pergi saya selalu lihat banyak orang baik lelaki maupun wanita, baik muda maupun tua menikmati permainan ini melalui gadget mereka masing – masing. Dan terus terang saja permainan ini banyak sekali menyita waktu maupun tenaga. Ada orang yang gara – gara game ini jadi putus dengan pacarnya, ada juga yang pekerjaannya di kantor jadi terganggu karena tidak fokus. Permainan ini sangatlah adiktif (membuat kecanduan) dan membutuhkan banyak kesabaran. Bagi yang tidak sabar, mereka akan tergoda untuk merogoh kantong mereka untuk membeli gems… dan kalau tidak terkendali… kita bisa mengeluarkan banyak uang. Ada seseorang yang saya dengar mengeluarkan biaya lebih dari 100 juta rupiah hanya untuk membeli gems COC. Hal ini bagus bagi developer game karena menjadi pendapatan perusahaan… tetapi belum tentu juga bagus bagi orang – orang yang membayarnya. Karena pada akhirnya… COC ini tetap hanyalah sebuah game… dan gems itu digunakan untuk sekedar membeli kepuasan emosi dalam bentuk kebanggaan.

Walau demikian ada caranya bagaimana kita bisa main COC dengan cepat, dan juga tidak pakai bayar uang. Tulisan ini dibuat untuk membantu para gamers yang tidak ingin mengeluarkan uang untuk menikmati game ini namun tetap saja mencapai hasil yang maksimal. Saya akan memberikan beberapa tips:

1. Carilah clan yang tidak suka boros membeli gems. Lingkungan itu akan sangat mempengaruhi gaya permainan dan budget kita. Ada clan yang mengharuskan para membernya membeli gems sehingga pada akhirnya membuat trophy clan menjadi tinggi. Saran saya adalah untuk keluar dari clan semacam itu. Banyak gems belum tentu jago dalam menyerang. Clan saya beberapa kali menghadapi clan yang di atas kertas jauh lebih unggul dari segi defense maupun offense, tetapi ketika war mereka itu amburadul dan berantakan. Jadi gems itu tidak menjamin kita akan memiliki clan yang kuat. Saudara perlu mencari clan yang kompak, dan bersedia saling mengajari tanpa menggunakan gems. Di dalam clan seperti ini saudara akan hemat banyak uang dan saling memotivasi untuk semakin maju.

2. Upgrade troops saudara dan spell. Pastikan research saudara tidak pernah berhenti. Sebelum suatu research selesai, pastikan saudara memiliki elixir maupun dark elixir yang cukup untuk research selanjutnya. Diskusikan dengan clan saudara apa yang akan saudara research berikutnya. Cobalah untuk saling melengkapi sehingga pas CC war, di clan saudara sudah cukup ada donatur. Secara singkat clan saudara bisa dipecah menjadi 2 macam donatur: yang pertama itu ground attacker dan yang kedua itu air attacker. Coba tentukan siapa yang mau research ground attacker sampai max dan siapa yang mau research dragon + baloon sampai max. Walau demikian ada beberapa troops yang tidak perlu diupgrade secara maksimal. Contohnya adalah archer dan barbarian… cukup sampai di level 5 saja. Selebih dari level 5, barbarian dan archer menjadi mahal dan keuntungan dari raid akan semakin mengecil.

3. Gunakan barbarian + archer dalam raid. Tidak perlu level tinggi2, cukup di level 5 saja. Saudara harus punya 4 barrack. 1 barrack untuk memproduksi barbarian semua, dan 3 barrack untuk memproduksi archer semua. Saya perhatikan bahwa league dengan hasil loot terbanyak terdapat di gold 1-3. Dengan cara ini saudara bisa mendapatkan keuntungan maksimal.

4. Serang musuh dengan gold dan elixir di atas 100 ribu. Utamakan menyerang gold mine maupun sumber elixir collector yang penuh.

5. Ulangi nomor 3 dan 4 berkali kali. Tentukan target harian saudara. Kalau saya target saya adalah mencapai 2 juta gold dan 2 juta elixir PER HARI. Dan ini sangat mudah bila saudara bermain di league Gold 1 – 3. Dan untuk lebih mudahnya saya sarankan saudara menggunakan program tambahan yang bernama XMod Game.

6. Maksimalkan builder saudara. Kalau bisa saudara dapatkan 5 builder sedini mungkin dan pastikan mereka selalu bekerja. Jangan pernah puas kalau melihat mereka menganggur 🙂

Kalau saudara lakukan saran di atas, saya percaya saudara akan melejit pesat di dalam game COC ini. Selamat mencoba dan salam COC 😉


Untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran atas tulisan ini silahkan klik DI SINI.

Jika saudara diberkati dengan tulisan ini, mohon dibantu untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara mengklik FACEBOOK, TWITTER, atau media lainnya di bawah ini.

Share on Twitter





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *