Selamat Jalan Our Brother Susanto BL (Bun Susanto)

Bun Susanto BL - PenulisHidupku

Telah berpulang ke rumah Bapa di surga, saudara Susanto BL yang terkasih, pada hari Rabu, 10 Maret 2016 pukul 3 pagi. Beliau adalah seorang pemimpin yang luar biasa di dalam pelayanan FGBMFI (Full Gospel Business Men’s Fellowship International), yang telah banyak memberkati dan menginspirasi begitu banyak orang. Beliau meninggalkan seorang istri dan 3 orang anak.

SEORANG FGB-MAN SEJATI

Bagi yang terlibat di dalam FGBMFI wilayah Jakarta pasti mengenal bro Susanto BL. Dia telah memimpin banyak event (terakhir sebagai ketua Konvensi FGBMFI West 4), dan juga pernah menjabat menjadi kepala JULF (Jakarta Utara Leader Fellowship). Terakhir dia diangkat menjadi salah satu ERD (Executive Regional Director) wilayah Jakarta. Banyak orang mengira bro Susanto jauh lebih tua daripada usia sebenarnya karena pemikiran, dan pembawaan dirinya yang sangat dewasa.

Satu hal yang sangat membekas di hati setiap orang yang mengenal dia, adalah betapa dia begitu mengasihi Tuhan, dan terbukti bagaimana dia habis – habisan dalam melayani Tuhan sepenuh tenaga. Bro Susanto juga adalah seorang pemimpin yang luar biasa, dan mampu memobilisasi begitu banyak orang di dalam kegerakan Tuhan. Hampir semua orang di FGBMFI Jakarta merasa bahwa bro Susanto BL adalah calon pemimpin FGBMFI masa depan, baik secara wilayah regional maupun nasional.

Jujur dikata kita semua di dalam pelayanan FGBMFI sangat terpukul, dan sedih karena dia kembali ke pangkuan Bapa di surga di usianya yang masih muda. Namun kita percaya bro Susanto sudah bersama dengan Tuhan Yesus, dan telah mendapatkan yang terbaik. Dia adalah seorang pemenang dan menjadi teladan bagi kita semua.

KRONOLOGIS

Pada hari Selasa tanggal 8 Maret 2016, bro Susanto BL menginap di hotel Club Bali di Kota Wisata Puncak bersama dengan keluarganya. Mereka tiba dan check in pada pukul 10 malam. Saat itu mereka tidak langsung tidur, dan masih saling ngobrol – ngobrol. Mendekati pukul 12 malam, mereka sekeluarga kemudian melakukan doa bersama. Selesai doa, beberapa menit kemudian terjadi tanah longsor yang kemudian menimpa kamar hotel dimana keluarga bro Susanto BL menginap. Kamar itu runtuh dan mereka sekeluarga terperangkap di dalam.

3 orang tidak dapat bergerak karena tertimpa runtuhan bangunan. Mereka adalah bro Susanto BL, Natasha (putri sulungnya), dan Dewi (asisten rumah tangganya). Anggota keluarga lainnya (istri, 2 anak, supir, kakak istri, dan ibu bro Susanto BL) berhasil keluar. Keesokan harinya Natasha, dan Dewi berhasil dievakuasi. Bro Susanto BL sendiri berhasil dievakuasi pada hari Kamis 10 Maret 2016, namun ditemukan dalam keadaan sudah tidak bernyawa.

Laporan berita menyebutkan bahwa bro Susanto BL mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Natasha. Detik.com melaporkan berita “Kisah Seorang Ayah yang Tahan Beton Hotel Demi Sang Putri Saat Longsor”. Diambil dari detik.com:

Kepala Operasi Basarnas Propinsi Jawa Barat Harsono mengaku tercengang. Bertahun-tahun dia melakukan operasi penyelamatan di lapangan baru kali ini ia melihat aksi heroik seorang ayah yang mengorbankan nyawanya demi menyelamatkan sang anak.

“Posisi tubuh ayahnya itu menahan tekanan dinding kamar hotel dari depan, sementara bahu dan kedua tangannya menahan balok beton dari atas. Sang anak memeluk dibawah perut sang ayah,” ujar Harsono kepada detikcom, Rabu (9/3/2016).

Pria itu adalah Bun Susanto sementara anak yang ia selamatkan adalah Natasya, putrinya sendiri. Berkat aksi heroik sang ayah, Natasya berhasil selamat meski mengalami luka di kaki akibat terhimpit reruntuhan bangunan. Sementara sang ayah mengorbankan dirinya.

Harsono menduga ketika getaran longsor mulai bergerak, korban Bun Susanto refleks berdiri dan memeluk putrinya dari atas kasur. “Mereka tidur di kamar yang sama, begitu ada getaran kemungkinan korban langsung berdiri dan refleks menahan desakan longsor,” imbuhnya.

Sumber: klik di sini

LAPORAN BERITA


Puji Tuhan keadaan Natasha baik – baik saja, hanya luka – luka memar dan tidak ada tulang yang patah.

RUMAH DUKA

Jenasah bro Susanto BL disemayamkan di rumah duka Jelambar, lantai 2, ruang Melati.
Jadwal:
– Tutup peti: Kamis, 10 Maret 2016
– Malam kembang: Sabtu, 12 Maret 2016
– Penguburan: Minggu, 13 Maret 2016

UCAPAN DUKA CITA DAN DOA

Sekali lagi kita semua dari keluarga besar FGBMFI sangat kehilangan bro Susanto BL. Kita semua berdoa agar keluarga yang ditinggalkan diberikan penghiburan dan kekuatan. Laporan berikutnya mengenai acara dan kesaksian di rumah duka akan ditulis di dalam artikel berikutnya (menyusul).

Selamat jalan bro Susanto BL yang terkasih, dan sampai kita bertemu kembali di langit dan bumi yang baru.

ARTIKEL MENGENAI BRO SUSANTO BL:
Acara Tribute To Young Heroes: Mengenang Bun Susanto (Susanto BL) dan Min Min (Tjang Tji Tjung)
Video Klip: Mengenang Bun Susanto (Susanto BL)
Pelepasan Bro Bun Susanto (Susanto BL) Diiringi oleh Teman – Teman dari FGBMFI
Pdt. Leornado Syamsuri Mengenang Brother Susanto BL (Bun Susanto)
Kesan dan Pesan dari Para Senior FGBMFI Mengenai Bun Susanto (Susanto BL)
Pelayanan Bun Susanto (Susanto BL) Saat Bersekolah Minggu: Menyapu Lantai Gereja
Kesaksian Bro Yuhandi Mengenai Bro Susanto BL (Bun Susanto)
Kesaksian Aliung Mengenai Bro Susanto BL (Bun Susanto)
Kesaksian Istri dan Kakak Ipar Bro Susanto BL (Bun Susanto) Mengenai Kebaikan Tuhan
Ribuan Orang Memberikan Penghormatan Kepada Bun Susanto (Susanto BL)
Ucapan Dari Teman – Teman FGBMFI Mengenai Berita Duka Bro Susanto BL (Bun Susanto)
Kesaksian Susanto BL (Bun Susanto): Hidup Yang Diberkati
Selamat Jalan Our Brother Susanto BL (Bun Susanto)


Segala hormat, dan kemuliaan hanya bagi Allah Bapa, Putra, dan Roh Kudus.
Untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran atas tulisan ini silahkan klik DI SINI.

Jika saudara diberkati dengan tulisan ini, mohon dibantu untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara mengklik FACEBOOK, TWITTER, atau media lainnya di bawah ini.

ARTIKEL LAIN YANG TERKAIT:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *