Sharing dari Anthony Putihrai: The Giant Leap In 2016

Anthony Putihrai - FGBMFI - PenulisHidupku.Com - 1

Berikut adalah rangkuman dari sharing yang diberikan oleh bpk. Anthony Putihrai (CEO Tamara Land, dan President FGBMFI Regional West 4) dalam pertemuan GLF (Garment Leader Fellowship) pada hari Rabu, 30 Maret 2016.

TEMA: THE GIANT LEAP

Banyak dari teman – teman sudah mengetahui kisah saya. Tuhan sempat memproses saya pada akhir tahun 90 an dimana ketika itu bank yang dimiliki oleh keluarga kami harus diambil oleh pemerintah. Yang dahulunya saya pikir kekayaan itu akan bertahan sampai turun – temurun ke generasi – generasi keluarga kami berikutnya, ternyata dalam waktu singkat pun habis. Saat itu kami juga harus membayar hutang sebesar 200-an milyar. Saat itulah saya merasakan tekanan yang berat, dan secara ekonomi pun saya harus berjuang untuk memenuhi kebutuhan keluarga saya. Bahkan cincin kawin istri pun harus kami relakan untuk dijual. Saya tidak mau mengandalkan orang tua saya, walau pun saat itu papa saya masih ada banyak uang. Beliau memiliki gaya hidup prudent (berhati – hati dalam mengeluarkan uang). Mungkin anak – anak muda jaman sekarang perlu belajar banyak dari generasi sebelum kita dalam hal gaya hidup semacam ini. Singkat cerita saya belajar mengandalkan Tuhan, dan puji Tuhan sekarang seluruh permasalahan kami sudah selesai. Bahkan hutang – hutang yang ratusan milyar itu pun sudah lunas penuh. Dari sini saya belajar bahwa proses-Nya Tuhan memang bisa menyakitkan, tetapi juga menguatkan kita terutama secara mental. Ketika saya flash back, saya menyadari bahwa hari ini saya bisa kuat berkat latihan dari Tuhan melalui masalah – masalah yang berat.

Hari ini saya akan berbicara mengenai THE GREAT LEAP (LONCATAN BESAR) yang akan terjadi pada tahun 2016, bagi anak – anak Tuhan yang bersedia mempersiapkan diri. Sebelum kita melihat tahun 2016, mari kita lakukan kilas balik sejenak tahun 2015 yang lalu.

Secara keseluruhan tahun 2015 bukanlah tahun yang baik secara ekonomi:

  • Inflasi < 4%, artinya daya beli turun.
  • GDP < 5%.
  • USD menyentuh Rp. 14,600.
  • Harga minyak: $27/barrel.
  • Nickel, CPO, timah, emas, dan komoditi lainnya mengalami harga anjlok.

Tetapi saya percaya bahwa tahun 2016 ini akan menjadi tahun yang luar biasa. Karena apa pun yang terjadi, kita sebagai anak – anak Tuhan harus percaya bahwa Tuhan punya rancangan yang indah. Banyak orang merasa kuatir dengan harga minyak yang rendah, bahkan para ahli mengatakan masih bisa turun hingga $22/barrel. Saya mau katakan itu semua tidak akan menjadi masalah yang besar. Karena bagaimana pun juga akan terbentuk equilibrium harga yang baru di pasar. Harga – harga harus disesuaikan akan usaha bisa terus berjalan. Contohnya kalau harga minyak turun, maka idustri otomotif akan meningkat, biaya operasional alat – alat berat jadi lebih murah sehingga tambang pun akan bergairah lagi, bahkan sewa kapal angkut untuk hasil tambang juga sudah semakin murah.

Berikut adalah analisa ekonomi tahun 2016:

  • Suku bunga (SBI) saat ini: 6.75% sudah turun dari tahun kemarin. Ini akan merangsang perusahaan – perusahaan untuk mengambil permodalan dari bank.
  • Konsumsi listrik naik 7.5%.
  • Warga negara asing (WNA) bisa membeli properti di Indonesia.
  • Jakarta index: 4,700. Meningkat dari tahun lalu (4,300).
  • USD terhadap rupiah: Rp. 13,300.
  • Tax amnesty yang akan diloloskan April 2016 nanti. Bisa dibayangkan berapa banyak uang yang akan mengalir kembali ke dalam negeri sehingga rupiah akan kembali menguat.
  • Harga Nickel, CPO, Timah, Emas, dan komoditi lainnya sudah mengalami kenaikan.

Hari ini mengenai THE GREAT LEAP, jangan dibatasi hanya sekedar materi. The great leap ini akan dan bisa terjadi juga di dalam semua aspek kehidupan kita lainnya. Berikut adalah tindakan – tindakan yang perlu kita lakukan untuk mengalami THE GREAT LEAP pada tahun 2016 ini:

TINDAKAN #1: KOMITMEN YANG DIPERBAHARUI

  • Seperti yang bapak presiden Jokowi katakan: kerja, kerja, dan kerja.
  • Amsal 16:3 – “Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN 1 , maka terlaksanalah segala rencanamu”
  • Contoh: walau Daud tidak diijinkan Tuhan untuk membangun bait Allah, dia tetap bekerja keras menyiapkan material yang kelak dibutuhkan oleh Salomo untuk membangun bait tersebut.

TINDAKAN #2: KONSISTEN

  • Contoh: Abraham, Sadrakh, Mesakh, Abednego

TINDAKAN #3: PERSISTENT (TIDAK GAMPANG MUNDUR)

  • Roma 2:7 – ” Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya, yaitu hidup kekal kepada mereka yang dengan tekun berbuat baik, mencari kemuliaan, kehormatan dan ketidakbinasaan”
  • Contoh: Yakub bergulat dengan Tuhan semalaman.

TINDAKAN #4: SINCERITY (KEIKHLASAN)

  • Tidak berfokus hanya kepada kita dapat apa ketika kita melakukan sesuatu.
  • His banner over us is love. Bahkan ketika kita melakukan ini seringkali kita disalah mengerti oleh orang lain, bahkan malah ada suara – suara sumbang. When people talk behind our back, it means we are already ahead of them.

INVESTASI TERBAIK TAHUN 2016:

  • Membaca, dan merenungkan Firman Tuhan.
  • Prayer & worship.
  • Iman, yang adalah substance. Seperti substance H2 dan O2, bila digabung menjadi air (H2O). Begitu juga iman kita akan menghasilkan apa yang kita harapkan.
  • Service (pelayanan). Yang terpenting adalah Full Heart, bukannya Full Time.

Tuhan ingin melihat sikap hati kita. Often it is not the matter whether we can afford it or not, but because we need to learn to be humble. Saya membiasakan mendidik diri saya dan keluarga tidak harus hidup dengan gaya hidup mewah. Kita juga bisa menikmati dengan gaya hidup biasa – biasa saja. Bahkan anak – anak saya biasakan tidak hidup berlebihan karena mereka belum bisa cari uang sendiri.

Sikap hati kita juga terlihat ketika kita melakukan pelayanan. Di dalam pelayanan dibutuhkan sikap penundukan diri terhadap otoritas. Walau seringkali yang di atas kita mungkin secara ekonomi tidak semampu kita. Tetapi kita lakukan itu semua karena kita memiliki kasih Tuhan.


Segala hormat dan pujian bagi Tuhan kita.

Untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran atas tulisan ini silahkan klik DI SINI.

Jika saudara diberkati dengan tulisan ini, mohon dibantu untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara mengklik FACEBOOK, TWITTER, atau media lainnya di bawah ini.

Share on Twitter

ARTIKEL LAIN YANG TERKAIT: