Malam Misi Mentawai Bersama Yayasan Jangkar Indonesia Cerah (JIC)

Malam Misi Mentawai Bersama Yayasan Jangkar Indonesia Cerah - PenulisHidupku.Com - 2 Malam Misi Mentawai Bersama Yayasan Jangkar Indonesia Cerah - PenulisHidupku.Com - 3 Malam Misi Mentawai Bersama Yayasan Jangkar Indonesia Cerah - PenulisHidupku.Com - 4 Tadi malam (Sabtu, 23 April 2016) saya diundang oleh brother Natan untuk menghadiri acara 3M (Malam Misi Mentawai) yang diadakan oleh yayasan Jangkar Indonesia Cerah (JIC). Di dalam acara itu mereka memaparkan secara cantik dan jelas mengenai pelayanan yayasan, terutama dalam proyek Life Center mereka di Mentawai.

Malam Misi Mentawai Bersama Yayasan Jangkar Indonesia Cerah - PenulisHidupku.Com - 1

Bagi saya yang sebelum acara tersebut tidak mengetahui dimana letak Mentawai, acara malam tadi adalah kesempatan yang begitu baik untuk lebih banyak belajar mengenai peran serta kontribusi anak bangsa dalam pelayanan melalui yayasan. Juga membuka wawasan saya mengenai pentingnya pelayanan misi.

Tulisan ini bukanlah tulisan resmi dari yayasan Jangkar Indonesia Cerah (JIC), tetapi adalah kesan saya yang cukup mendalam setelah menghadiri acara tadi.

SEKILAS MENGENAI YAYASAN JANGKAR INDONESIA CERAH

Melalui perkenalan dari para pendiri dan pengurus yayasan, saya menilai yayasan JIC ini adalah yayasan yang sangat baik dan mampu mengindentifikasi permasalahan nyata di dalam masyarakat secara tepat. Mereka berfokus kepada Tuhan, dan percaya bahwa Tuhan mengasihi semua orang di Indonesia. Itu sebabnya pelayanan mereka kembali lagi untuk hormat dan kemuliaan Tuhan.

RENUNGAN OLEH PDT. THOMAS RAHARDJA

Dalam kesempatan ini bapak Pdt. Thomas Rahardja membagikan kesaksian serta renungan mengenai keterlibatannya dalam kegiatan misi. Beliau bersama keluarga setidaknya melakukan pelayanan misi 2 kali setahun. Dan seandainya waktu bukan menjadi pembatas dalam acara semalam, mungkin bisa memakan waktu berhari – hari untuk mendengarkan kesaksian beliau.

Malam Misi Mentawai Bersama Yayasan Jangkar Indonesia Cerah - Renungan Pdt Thomas Rahardja - PenulisHidupku.Com - 5

Sumber dari pelayanan misi ada di dalam Matius 28:19-20a. Dan mengapa kita melakukan misi ?

  • Pelayanan misi adalah gaya hidup setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus, dan ini adalah sebuah perintah.
  • Melalui pelayanan misi kita bisa semakin merasakan penyertaan Tuhan. Seringkali di balik kekurangan dan keterbatasan kita, justru Tuhan banyak menyatakan mujizatNya sehingga namaNya dipermuliakan.
  • Melalui pelayanan misi kita bisa menjadi saksi Tuhan yang bergerak dengan urapan Roh Kudus. Daerah yang kita layani bisa memiliki kebutuhan khusus, dan tantangan tersendiri. Secara manusiawi mungkin keadaannya sangat sulit, tetapi semuanya menjadi mungkin sebab ada urapan Roh Kudus. Dan kita bersaksi bukan lagi dengan gagah perkasa kita melainkan dari Dia, oleh Dia, dan kembali untuk Dia.

Ada pun perlu diingat bahwa pelayanan misi adalah kerinduan Tuhan sendiri, sehingga dalam perjalanannya pun Tuhan sendiri yang akan menyediakan dan memperlengkapi. Untuk mendapatkan hasil pelayanan misi yang maksimal dibutuhkan suatu kesatuan hati yang dimulai dengan doa. Fokus juga tidak hanya kepada aspek rohani mereka, tetapi juga secara holistik menyentuh area lainnya seperti kegiatan wira usaha, membangun sekolah, dan lain sebagainya. Sekali lagi Tuhanlah yang akan memberikan kita kemampuan, sehingga akhirnya hanya namaNya saja yang dipermuliakan.

PELAYANAN DI MENTAWAI

Yayasan Jangkar Indonesia Cerah (JIC) melayani kepulauan Mentawai, yang juga adalah daerah termiskin di provinsi Sumatera Barat. Konsep yang digunakan adalh life center, yakni suatu pendekatan holistik yang tidak hanya membina kehidupan rohani masyarakat di sana, tetapi juga meningkatkan taraf hidup serta kesejahteraan seluruh masyarakat di sana.

Malam Misi Mentawai Bersama Yayasan Jangkar Indonesia Cerah - PenulisHidupku.Com - 6

Support yang mereka butuhkan adalah Daya, Dana, dan Doa. Dari segi daya mereka butuh tenaga untuk melayani di lapangan, mission trip, training for trainer, pemberdayaan, dan lain sebagainya. Di sisi dana mereka mengundang bagi yang terbeban untuk bisa support per bidang / kegiatan / secara total, dan juga bisa adopsi yayasan. Dari doa tentunya dibutuhkan suatu dukungan secara spiritual agar pelayanan ini tetap berada di jalur sesuai dengan master plan Tuhan, dan agar semakin banyak pintu – pintu yang dibukakan.

Pemaparan rencana strategis dan teknis untuk kepulauan Mentawai sudah dimatangkan oleh yayasan Jangkar Indonesia Cerah (JIC). Saya rasa kurang cantik dan kurang etis kalau saya sebagai penulis blog ini yang menjelaskan secara mendetail rencana kegiatannya. Itu sebabnya saya sangat menganjurkan para pembaca yang tertarik untuk langsung menghubungi JIC. Dan saya berdoa agar saudara pun bersedia terlibat untuk membantu pelayanan JIC.

CONTACT YAYASAN JANGKAR INDONESIA CERAH (JIC)

Email: yayasanjic@gmail.com
Alamat: Jln. Bungur Besar 18 No. 7 Jakarta 11610
Telp: 021-424 4666 – 97666 600 – 081 197 6660


Segala hormat dan kemuliaan bagi Allah Bapa, Putra, dan Roh Kudus.
Ditulis oleh Handy Tirta Saputra pada hari Sabtu, 23 April 2016.
Untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran atas tulisan ini silahkan klik DI SINI.

Jika saudara diberkati dengan tulisan ini, mohon dibantu untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara mengklik FACEBOOK, TWITTER, atau media lainnya di bawah ini.

Share on Twitter

ARTIKEL LAIN YANG TERKAIT:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *