Menjaga Sebuah Keseimbangan

Keseimbangan Tubuh Jiwa dan Roh - Penulishidupku.com - 1Segala sesuatu yang terlalu banyak tidaklah baik” demikianlah kata – kata bijak yang diutarakan oleh adik gua, Christine Ayunda, beberapa waktu yang lalu. Terlalu banyak minum manis – manis bisa memperbesar resiko diabetes, terlalu banyak main video games bisa merusak mata, bahkan terlalu banyak pelayanan pun bisa mengganggu kesehatan kita. Seorang pastor ternama di Singapura juga pernah berkata “Kunci dari kehidupan adalah keseimbangan“. Selama kaki kita masih menginjak bumi kita harus menyadari bahwa Tuhan mendesign hidup kita sedemikian rupa sehingga diperlukan suatu keharmonisan dan keseimbangan.

Sebagaimana Allah Bapa, Putera, dan Roh Kudus saling harmonis dan seimbang, begitu pula kita harus menjaga tubuh, jiwa, dan roh kita secara seimbang. Inilah tanggung jawab kita kepada diri kita, orang – orang yang kita kasihi, dan juga yang terutama kepada Tuhan sang pencipta diri kita. Karenanya mulailah berpikirlah mengenai keseimbangan. “Hidup ini adalah sebuah maraton, bukannya sprint” begitu kata – kata almarhum bokap gua yang terkasih, ketika gua terlalu terobsesi mengejar keberhasilan.

Peta-kanlah hidup kita, dan isilah dengan keseimbangan. Ada waktunya berlari, tetapi ada waktunya kita juga berjalan, bahkan duduk berdiam diri. Ada saatnya kita menguatkan roh kita, tetapi juga pastikan juga jiwa kita merasa bahagia, dan tubuh kita tetap kuat. Jangan terlalu perdulikan kata – kata orang lain yang memaksa kita berkonsentrasi hanya kepada satu area dalam jangka waktu yang lama. Sekalipun itu untuk kegiatan yang rohani, ingatlah bahwa kita harus menjaga keseimbangan, dan Tuhan juga tidak mau kita menelantarkan aspek – aspek kehidupan kita lainnya.Kita semua adalah para mempelai Kristus. Kita harus menjaga keseimbangan hidup kita karena hidup kita ini adalah persembahan tertinggi dari kita kepadaNya.

“Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya, dan semoga roh, jiwa, dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.” – Tesalonika 5:23.


Segala hormat dan kemuliaan bagi Allah Bapa, Putera, dan Roh Kudus.
Ditulis oleh Handy Tirta Saputra pada tanggal 1 Agustus 2016

Untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran atas tulisan ini silahkan klik DI SINI.

Jika saudara diberkati dengan tulisan ini, mohon dibantu untuk membagikannya kepada orang lain dengan cara mengklik FACEBOOK, TWITTER, atau media lainnya di bawah ini.

Share on Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *